get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

HUT Perpustakaan Cilegon, Wali Kota Helldy Komitmen Dukung Penuh Gerakan Literasi

Rabu, 22 Mei 2024 | 15:49 WIB
header img
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Cilegon ke-17. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNews Cilegon.id – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mendukung penuh terhadap berbagai program dan gerakan inovasi literasi.

Hal itu disampaikan Helldy saat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Cilegon ke-17 di halaman Kantor DPK setempat, Selasa 21 Mei 2024.

“Kami pastinya akan selalu mendukung setiap gerakan pojok literasi yang dijalankan oleh DPK Kota Cilegon di setiap kecamatan dan kelurahan, bahkan kegiatan ini akan merambah ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) di Kota Cilegon,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa 21 Mei 2024. 

Dalam hal ini, Helldy memberikan apresiasi atas berbagai langkah dan program inovasi yang telah dijalankan DPK Kota Cilegon.

“Kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-17 kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon. Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi atas segala inovasi yang telah dilakukan kepala DPK,” ungkapnya. 

Dijelaskan Helldy, atas kerja keras dan gerakan inovasi yang telah dilakukan tersebut, DPK Kota Cilegon akan menerima penghargaan Tingkat Nasional tentang Literasi.

“Kami turut bangga bahwa Kota Cilegon akan menerima penghargaan terkait literasi tingkat nasional di Samarinda pada tanggal 29 Mei nanti. Kami telah memberikan mandat kepada Kepala DPK Kota Cilegon pak Ismatullah untuk hadir secara langsung disana,” jelasnya. 

Menurut Helldy, kearsipan menjadi hal penting di Kota Cilegon. Pemerintah Kota Cilegon sedang berupaya menjadikan tokoh Geger Cilegon yaitu Ki Wasyid dan Arsad Towil menjadi tokoh Pahlawan Nasional. Maka dengan itu, kami telah mencari dan menemukan arsip lengkap terkait beliau sejak tahun 1889 di Belanda.

Rencananya, Rumah Dinas Kota Cilegon juga akan dijadikan Museum Cilegon, sehingga kearsipan tersebut perlu disiapkan dari sekarang.

Sementara itu, Kepala DPK Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan bahwa meningkatnya literasi di Kota Cilegon harus menjadi mimpi bersama. “Kami telah berikan pojok literasi di 8 kecamatan dan 20 kelurahan adalah bentuk upaya kami dalam meningkatkan literasi di Kota Cilegon. Ini harus menjadi mimpi kita bersama,” katanya. 

Selain itu, tambah Ismatullah, pihaknya juga telah menciptakan salam khas DPK Kota Cilegon yang akan terus digaungkan.

“Kami telah memiliki salam khas, yaitu salam SIMBA, akronim dari Simpan untuk kearsipan dan Baca untuk perpustakaan. Salam ini akan kita gaungkan dengan harapan seluruh masyarakat dapat menerapkan hal ini demi meningkatkan kepedulian literasi di Kota Cilegon,” tambahnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut