get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Kenal Pria di Sosmed, Perempuan di Malingping Tertipu Puluhan Juta Rupiah

Rabu, 23 Februari 2022 | 14:30 WIB
header img
Ilustrasi

LEBAK, iNews.id - Waspada jika berkenalan dengan seseorang melalui media sosial, jangan langsung percaya begitu saja.

Di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, ada seorang perempuan ditipu kenalannya hingga puluhan juta rupiah, dengan dalih dijanjikan mendapat deposito ratusan juta.

Korban berinisial S (28) merupakan warga Pecangpari, Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping. Ia menjadi korban penipuan setelah berkenalan di media sosial dengan seorang pria yang mengaku bernama Rijal Maulana.  

Pelaku juga pernah mengaku bernama Muhamad Febriansyah dari Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Belakangan diketahui identitas KTP sang pelaku itu ternyata palsu.

Sejak berkenalan mereka melakukan komunikasi yang cukup intens. Hingga kemudian akhirnya korban diminta mentransfer sejumlah uang dengan alasan dijanjikan mendapat deposito Rp640 juta.

Karena percaya, korban mengikuti dan mentransfer uang Selasa (16/2/22) hingga Sabtu (19/2/22) dengan jumlah total mencapai Rp60 jutaan.

“Saya semacam dihipnotis dan akhirnya sadar telah menjadi korban penipuan setelah pelaku terus meminta uang. Padahal berkenalan di medsos belum lama," cerita S kepada Inews Cilegon.

Pelaku, kata S, mengaku terkena masalah di bandara di Jakarta hingga pelaku minta ditransfer kembali sejumlah uang belasan juta, namun waktu mau dijemput korban, pelaku banyak berkilah hingga tidak bisa dihubungi.

"Dari situ aku mulai sadar bahwa telah tertipu, pelaku juga menggunakan modus akan menikahi saya, dan uang gajian dia yang mengaku kerja di pelayaran akan ditransfer ke rekening saya," kata S.

Terpisah, Kepada Kanitreskrim Polsek Malingping Ipda Samsu Rianto mengatakan polisi akan menghubungi korban dan akan menindaklanjuti kasus tersebut.
 
Untuk itu, pinta Ipda Samsu, kepada masyarakat agar waspada dan jangan mudah percaya dengan seseorang. Apalagi perkenalan ini di dunia maya dan mereka tidak pernah saling mengenal atau bertatap muka.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut