get app
inews
Aa Read Next : Alami Retak Tulang Wajah, Keluarga Korban Laka Lantas di Pandeglang Tunggu Itikad Baik Pelaku

5 Langkah Mudah Cegah Penipuan Apk PPS Pemilu 2024 

Minggu, 10 Desember 2023 | 13:55 WIB
header img
5 langkah mudah cegah penipuan Apk PPS Pemilu 2024 (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - 5 langkah mudah cegah penipuan apk PPS Pemilu 2024. Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dari tindak penipuan Apk PPS Pemilu 2024 yang tengah ramai beredar dijagat maya Polres Pandeglang memberikan himbauan khusus terkait meningkatnya modus penipuan melalui Aplikasi Pesan Singkat, terutama WhatsApp

Polres Pandeglang juga mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dapat merugikan.

Lantas apa saja langkahnya?

Dilansir iNewsCilegon.id dari akun resmi Polres Pandeglang, Minggu (10/12/2023), berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

1. Verifikasi Identitas Pengirim

Selalu pastikan untuk memverifikasi identitas pengirim pesan sebelum memberikan informasi pribadi atau melibatkan diri dalam transaksi. Jangan ragu untuk meminta klarifikasi lebih lanjut jika ada keraguan terhadap identitas pengirim.

2. Hindari Memberikan Informasi Pribadi

Waspadai permintaan informasi pribadi seperti nomor identitas, rekening bank, atau kata sandi melalui pesan WhatsApp. Penipu sering memanfaatkan informasi ini untuk melakukan kejahatan identitas.

3. Jangan Klik Tautan jika Mencurigakan

Hindari mengklik tautan atau lampiran yang tidak diketahui asal-usulnya. Tautan tersebut mungkin mengarahkan ke situs web palsu atau berbahaya yang dapat merusak perangkat atau mencuri informasi pribadi.

4. Berdikari dalam Keputusan Finansial

Jangan tergesa-gesa dalam membuat keputusan finansial berdasarkan pesan WhatsApp. Verifikasi informasi dengan sumber yang dapat dipercaya sebelum melakukan transaksi atau pembayaran.

5. Laporkan ke Pihak Berwajib

Apabila Anda menemui atau menjadi korban modus penipuan melalui WhatsApp, segera laporkan ke Polres Pandeglang atau pihak berwajib lainnya. Laporan dari masyarakat sangat membantu dalam penanganan kasus-kasus ini.

Itulah 5 langkah mudah cegah penipuan Apk PPS Pemilu 2024. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut