get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Mumpung Masih Lengang, Ayo Ziarah ke Makam Syech Asnawi Al Bantani

Senin, 28 Maret 2022 | 13:28 WIB
header img
Kawasan makam Syech Asnawi Al Bantani, Senin, 28 Maret 2022. (Foto: Iskandar Nasution/iNews Cilegon).

LABUAN, iNews.id- Ayo buruan ziarah ke makam Syech Asnawi Al Bantani di Labuan Banten, mumpung masih lengang. Syech Asnawi adalah murid Syekh Nawawi Al Bantani, ulama legendaris Banten yang mendunia dan menjadi Imam Masjidil Haram di Arab Saudi.

Makam Syech Asnawi Al Bantani terletak di Desa Caringin Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Syech Asnawi belajar langsung ke gurunya, Syech Nawawi di Mekah dan kemudian pulang ke tanah air untuk berdakwah. Syech Asnawi wafat pada tahun 1937.

Biasanya dua pekan sebelum Ramadhan, para peziarah memenuhi komplek makam. Namun untuk hari ini, bertepatan dengan H-4 bulan Ramadhan, komplek makam masih tampak lengang. Bisa jadi karena faktor Pandemi Covid-19 yang belum usai.

"Padahal biasanya sebelum Pandemi, dua minggu sebelum puasa itu sudah ramai oleh pengunjung, baik yang hanya berlibur, munggahan ataupun yang berziarah," tutur Ita, 36, salah seorang pedagang warung makan saat dimintai komentar iNews Cilegon, Senin, 28 Maret 2022.

Ita mengungkapkan Sabtu dan hari Minggu kemarin, peziarah sudah mulai ramai. Lahan parkiran dipenuhi kendaraan dari luar kota. 

"Hari ini masih sepi. Kalau kemarin lumayan rame, kebanyakan dari Tangerang, Jakarta, Depok, dan Bogor," kata Ita.

Pedagang lain, Hamim (51), yakin mulai besok, makam Syekh Asnawi akan dipenuhi para peziarah.

"Biasanya disini akan ramai banget tiga hari sebelum puasa, dan mayoritas yang datang dari warga lokal," kata Hamim.

Keberadaan makam Syech Asnawi menjadi rezeki banyak orang seperti Ita dan Hamim. Dari hasil jualan makanan di warung, jika sedang ramai, setidaknya per hari, mereka bisa mengantungi bersih Rp200 ribu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut