get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Simak, Ini Tips Memotret Model Di Acara Fashion Show

Selasa, 26 April 2022 | 10:25 WIB
header img
Foto : Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Saat ini beberapa pertunjukan seni mulai kembali digelar secara langsung di hadapan publik. Salah satunya ajang tahunan fashion dan budaya terbesar di tanah air, Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 yang digelar pada 13-17 April 2022.

Memotret model yang tampil di atas panggung fashion show, memerlukan persiapan tersendiri. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam memotret, karena moment di atas panggung fashion show tidak bisa diulang lagi.

Yang pertama dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang akan dipakai memotret. Mulai dari kamera, baterai kamera, memory card, lensa dan monopod atau tiang tunggal penyangga kamera.

Tidak perlu membawa lampu flash, karena pada pertunjukan fashion show dilarang memotret dengan menggunakan flash.

Pilih lensa yang tepat, misal lensa lebar atau lensa tele (lensa jangkauan jarak jauh). Cari info tentang kondisi area fashion show. Jika area fotografer dengan panggung fashion show dekat, pilih lensa sudut lebar. Namun jika jaraknya jauh, pilih lensa tele.

Tentukan lokasi pemotretan di sekitar panggung fashion show. Lokasi yang sering dipakai fotografer fashion show adalah di depan panggung dan di sisi kanan kiri depan panggung.

Sebelum acara dimulai, lakukan test shot untuk menentukan white balance kamera. White balance adalah kalibrasi warna putih atau suatu proses yang bertujuan untuk menghilangkan warna yang tidak real (colour cast) pada foto.

Penentuan white balance pada kamera bertujuan untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan kondisi aslinya. Contohnya, baju warna putih hasil pada foto juga putih, bukan putih kekuning kuningan atau ke warna lain.

 

Jika harus memakai lensa tele, pasang kamera pada monopod. Ini untuk membuat kamera stabil dan agar tangan tidak kelelahan menahan beban lensa.

Memotret model yang tampil di panggung fashion show, bisa dilakukan pada saat model berjalan atau sedang berpose di depan panggung.

Jika tujuan memotret fashion show untuk keperluan sang desainer, ada point penting yang wajib difoto. Diantaranya ketika model berjalan, model berpose dan bagian detil pada baju yang dikenakan sang model.

Namun jika untuk keperluan dokumentasi atau liputan berita, point yang penting difoto antara lain model berjalan sendiri, model berjalan beriringan dan model berpose.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut