get app
inews
Aa Read Next : Kocak! RT Minta THR Lebaran Bisa Dicicil 3 Kali Bayar

Bulan Depan, Pengangguran di Jakbar Akan Dilatih Jadi Satpam

Rabu, 11 Mei 2022 | 13:44 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Mulai bulan depan ratusan pengangguran di wilayah Jakarta Barat (Jakbar) akan dilatih menjadi Satpam hingga berwirausaha.

"Yang sudah pasti itu pelatihan satpam bulan Juni dan pelatihan wirausaha itu antara bulan Juni dan Juli," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi Sudin Nakertrans Jakarta Barat, Efan Aptito, Rabu (11/5/2022).

Saat ini, kata Efan, ada 70 warga yang akan mengikuti pelatihan menjadi satpam dan 250 warga mengikuti pelatihan wirausaha. Ratusan warga itu sebelumnya sudah mendaftar ke petugas Jak Trainer yang ada di seluruh kecamatan dan ikut seleksi.

"Bagi warga yang akan mengikuti pelatihan kerja sebagai satpam nantinya akan dibantu untuk disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan jasa petugas keamanan," katanya.

Selanjutnya, untuk pelatihan wirausaha, pihaknya menyediakan lima jenis pelatihan usaha yang siap diajarkan kepada peserta.

"Ada pelatihan usaha membuat makanan, minuman kekinian, service AC, tata rias dan terakhir kerajinan tangan," kata Efan.

Efan menambahkan para peserta bukan hanya dilatih memproduksi saja, melainkan dilatih untuk mengemas produk.

Setelah produk selesai, pihak Sudin juga akan membantu mereka mendapat modal usaha. Saat ini Sudin Nakertrans masih melakukan sejumlah tahapan pelatihan.

"Program ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di DKI terkhusus di wilayah Jakarta Barat," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut