get app
inews
Aa Read Next : Festival Rakyat Kubang Lesung, Wadah Pertunjukkan Seni Tradisional Cilegon

Helldy dan Sanuji Berhasil Turunkan Angka Pengangguran Kota Cilegon di Masa Pandemi

Selasa, 07 Juni 2022 | 20:05 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock/Okezone)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kota Cilegon berhasil menurunkan angka pengangguran di tahun 2021, padahal di tahun itu pandemi Covid-19 belum terkendali.

Penurunan angka pengangguran tersebut tidak lepas dari peran duet kepemimpinan Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta yang bercita-cita membangun Kota Cilegon menuju Cilegon Baru, Modern, dan Bermartabat.

Orang nomor satu dan dua di Kota Cilegon itu berhasil menurunkan ribuan angka pengangguran meski baru 1 tahun 4 bulan memimpin Kota Baja tersebut. Data BPS yang disampaikan Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon menyebut angka pengangguran Kota Cilegon turun 5.062 jiwa

"Menurunkan angka pengangguran di tengah pandemi Covid-19 merupakan sebuah tantangan sendiri bagi kami, karena ini tidak mudah, tapi dengan tekad yang kuat dan usaha yang keras alhamdulillah kita bisa, ini merupakan usaha kita bersama," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Selasa (7/6/2022).

Dengan data dari BPS ini, lanjut Helldy, berarti upaya yang kita lakukan untuk menurunkan angka pengangguran membuahkan hasil.

"Dengan OPD terkait, dengan UMKM, pemagangan, mengumpulkan seluruh HRD, kita sudah dua kali mengumpulkan HRD untuk dapat menyaring tenaga kerja dari Cilegon, dan jangka panjangnya dengan beasiswa full sarjana yang sudah berjalan," jelas Helldy.

Helldy menambahkan jika melihat 4 kota di Provinsi Banten, semuanya mengalami kenaikan, Cilegon menjadi satu-satunya yang turun angka penganggurannya.

"5.000 sekian turunnya, ini angka yang besar loh, dan kita patut syukuri karena pengangguran ini menjadi permasalahan di Kota Cilegon selama bertahun-tahun," terang Helldy.
   
Dari awal saya menjabat, kata Helldy, saya sudah konsen dengan pendidikan dan pengangguran, kedua hal ini tidak bisa dilepaskan satu sama lain, karena dengan pendidikan itu mampu menciptakan pekerjaan, atau pekerjaan dapat didapatkan dengan persyaratan pendidikan.
 


Data Pertumbuhan Ekonomi Banten Triwulan III 2021 (Foto: BPS Provinsi Banten)

"Oleh karena itu dari awal juga saya selalu tekankan, pendidikan menjadi prioritas utama, 4 bulan menjabat 4 SMP negeri sudah saya resmikan, terus program beasiswa full sarjana tahun 2021 juga sudah berjalan. Ini semata-mata untuk jangka panjang masyarakat Cilegon mampu bersaing dengan kota lain," tegas Helldy.

Di kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon Panca Nugrahestianto menjelaskan bahwa Kota Cilegon mengalami angka penurunan pengangguran sebanyak 2,56 %.

"Dari data BPS yang kami dapat, Tingkat Penangguran Terbuka (TPT) di Cilegon turun sebanyak 2,56%, ini merupakan angka yang banyak dan menunjukan usaha wali kota untuk menurunkan pengangguran itu berhasil," tuturnya.

Panca juga mengatakan bahwa keberhasilan menurunkan angka penangguran ini merupakan gambaran keberhasilan visi dan misi Wali Kota Cilegon.

"Penurunan di masa Wali Kota Pak Helldy ini merupakan upaya dari berbagai sektor, baik OPD OPD terkait, karena dari visi misi beliau soal penurunan angka penangguran. Kita bukan hanya bicara industri tapi bicara kewirausahaan, disnaker berkaitan dengan penempatan, yang ditopang dengan pelatihan dari unit pelaksana teknis pelatihan kerja, penurunan TPT ini tidak bisa hanya disnaker saja yang bergerak, tapi dengan adanya keterlibatan semua OPD," pungkasnya.

Sebagai informasi, menurunkan angka pengangguran merupakan salah satu program yang diangkat dalam visi dan misi Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian dan Wakil Wali kota Cilegon Sanuji Pentamarta, yaitu 25.000 penyerapan tenaga kerja selama 5 tahun menjabat, atau sebanyak 5.000 selama 1 tahun.

Dan, baru menjabat 1 tahun 4 bulan Helldy dan Sanuji sudah berhasil menurunkan angka pengangguran di Kota Cilegon.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut