Pameran Waralaba Terbesar Abad Ini, FLEI EXPO XIX 2022 di JCC, Ini Tips Memilih Waralaba

Tim iNews
Kementerian Perdagangan beserta para pendamping dari tamu-tamu kehormatan, saat berkeliling dan menghampiri beberapa peserta FLEI XIX di dalam Assembly Hall, Jakarta Convention Center (18/11/2022). Foto: Tim iNews

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Acara peresmian FLEI EXPO XIX yang digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat (18-20 November 2022) dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan yang turut didampingi oleh seluruh instansi dan beberapa tamu kehormatan. 

Pemukulan gong tersebut menandakan bahwa acara Pameran Waralaba, Lisensi, Peluang Bisnis dan Kemitraan Terbesar di Indonesia abad ini, FLEI EXPO XIX 2022 International resmi dibuka dan disambut meriah oleh tepuk tangan hadirin juga media yang memadati area panggung utama untuk mengabadikan momen ini.

Ya, bisnis waralaba atau franchise mulai menggeliat kembali seiring meredanya pandemi COVID-19.

"Setelah kami lakukan survei di awal tahun 2022 kepada beberapa bisnis waralaba yang ada, mereka mengatakan bahwa penjualan mereka telah pulih 80-100 persen dibanding sebelum Pandemi," kata Tri Raharjo, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), saat konferensi pers dan peresmian pembukaan Pameran Waralaba FLEI EXPO XIX Jumat, 18 November 2022.

"Oleh karena itu, di tahun 2023 nanti kami pun optimis bisnis waralaba ini akan tumbuh lebih dari 5 persen. Meski ada isu resesi di tahun 2023, namun kami tetap optimis karena Pandemi yang begitu sulit saja, bisa kita lalui. Apalagi di ajang sebelumnya yang sempat kita gelar pada Juni 2022 lalu ada 72 persen lebih yang mengunjungi," lanjutnya.

Inilah yang memotivasi digelarnya kembali ajang FLEI EXPO XIX. Kolaborasi apik antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, KADIN, WALI, Panorama Media serta para pelaku bisnis yang turut bersumbangsih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.

Dijelaskan Tri, saat Pandemi, waralaba Food and Beverage sangat terdampak namun sektor ini pula yang lebih cepat pulih dibanding sektor lainnya.

Sektor lain yang tidak begitu terdampak pandemi, kata Tri, mini market, air isi ulang, dan juga bisnis laundry karena bisnis tersebut ada repeat order kembali.

Tri juga optimis bisnis waralaba akan terus bertumbuh jika melihat anak-anak muda saat ini yang sebagian besar atau hingga 50 persen, lebih memilih untuk berbisnis.

"Ditambah lagi para calon purnakarya (pensiunan) yang banyak memilih alternatif bisnis waralaba sebagai sumber pendapatannya. Mereka yang belum pernah berbisnis, lebih memilih Franchise karena memiliki beberapa keunggulan dimana secara brand sudah dikenal dan hanya tinggal menduplikasi bisnisnya saja," kata Tri.

Editor : Novita Sari

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network