Unik! Ini Semboyan 8 Daerah di Provinsi Banten

Ila Nurlaila Sari
8 Daerah di Provinsi Banten yang memiliki slogan tak biasa. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Provinsi Banten terdiri dari 4 kota yaitu Serang, Tangerang, Tangerang Selatan dan Cilegon. Serta ada juga 4 kabupaten yakni Serang, Pandeglang, Lebak, Tangerang. 

Setiap kota dan kabupaten di Provinsi Banten tentunya memiliki motto atau semboyan yang tertulis pada masing-masing lambang daerah. 

Dilansir iNewsCilegon dari berbagai sumber, berikut daftar 8 semboyan kota/kabupaten di Provinsi Banten.

Kabupaten Lebak

Punya luas Wilayah 304.472 Hektar, Kabupaten Lebak terdiri atas 28 kecamatan, yang dibagi lagi atas 340 desa dan 5 kelurahan.

Motto Lebak tertulis dalam bahasa sunda yaitu, Iman aman uman amin.

Artinya, Tangguh menghadapi rintangan, yang diimbangi dengan kesucian iman, perbuatan yang menenteramkan, dan sikap toleransi. 

Kabupaten Tangerang

Beribu kota Kecamatan Tigaraksa Kota, Kabupaten Tangerang terbagi menjadi 29 kecamatan, 28 kelurahan dan 246 desa.

Motto daerah yang terkandung dalam lambang daerah adalah “Satya Karya Kerta Raharja”.

Semboyan ini punya makna dasar kesetiaan dan ketaatan kepada pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disertai do’a dan kerja keras kita wujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dari segi fisik, material, dan mental spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

Kabupaten Serang

Kabupaten Serang merupakan wilayah dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian antara 0 sampai 1.778 m di atas permukaan laut.

Motto kabupaten ini adalah "Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe".

Semboyan agar masyarakat mengutamakan kerja keras untuk mencapai kemakmuran dan keadilan, mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi tanpa mengharapkan pujian, penghargaan serta imbalan, berjuang dengan ikhlas. 

Kabupaten Pandeglang

Kabupaten Pandeglang merupakan dataran rendah dan dataran bergelombang. Pusat kabupaten ini terletak di 4 Kecamatan yaitu Pandeglang, Karang Tanjung, Majasari, dan Kaduhejo.

Adapun motto warga Pandeglang adalah BERKAH (Bersih, elok, ramah, kuat, aman, dan hidup).

Kota Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan mulai menjadi kota mandiri sejak tahun 2008. Pembentukan wilayah ini sebagai kota otonom berawal dari keinginan warga.

Motto kota ini adalah "Modern, Cerdas, Religius", yang mengandung makna bahwa cita-cita dan harapan untuk mewujudkan masyarakt Kota Tangerang Selatan yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, peradaban yang dinamis dan selalu dibingkai oleh nilai-nilai luhur ketuhanan.

Kota Tangerang

Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.853.462 dengan kepadatan 12.041 jiwa/km2.

Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.853.462 dengan kepadatan 12.041 jiwa/km2. Terkenal dengan Kota Benteng, Tangerang punya semboyan atau motto "Bhakti Karya Adhi Kertarahardja".

Artinya masyarakat mempunyai semangat pengabdian yang tinggi, khususnya dalam bentuk pembangunan guna mencapai kebesaran, kesejahteraan, dan kemakmuran wilayah.

Kota Cilegon

Kota Cilegon adalah sebuah kota yang terletak di daerah Banten, kepulauan Jawa, Indonesia. Kota ini merupakan kota penghasil baja terbesar di seluruh Asia karena dapat menghasilkan 6.000.000 ton baja untuk setiap tahunnya.

Cilegon punya semboyan atau motto Akur Sedulur Jujur Adil Makmur.

Motto ini bermakna bahwa dalam lingkungan berbeda tapi tetap saling mengharga, menghormati, saling mendukung dalam perbedaan, serta menegakkan keadilan yang sebenar-benarnya sesuai dengan UUD 145.

Kota Serang

Kota Serang punya lambang daerah berupa persegi enam heksagonal dengan gambar utama gerbang Kaibon dan satu bintang.

Adapun motto atau semboyannya adalah ‘Kota Serang Madani’.

Madani memberikan arti luas untuk pengayoman masyarakat, civil society yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat, serta berbudaya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network