10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Tiap Hari, dari Diabetes hingga Gangguan Ginjal

Afaani Fajrianti
Dibalik kegemarannya makan mie instan, ternyata ada beberapa bahaya mie instan yang harus diperhatikan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Siapa yang tidak suka makan mie instan? Makanan ini sering menjadi makanan alternatif saat lapar, untuk cara pembuatannya cukup sederhana dan murah.

Karena kemudahan dan kelezatannya, makanan ini sangat digemari, bahkan ada yang memakannya hampir setiap hari. Namun, dibalik kegemarannya tersebut ternyata ada beberapa bahaya mie instan yang harus diperhatikan.

10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Tiap Hari, dari Diabetes hingga Gangguan Ginjal

Mengonsumsi mie instan setiap hari tidak disarankan karena makanan ini merupakan makanan olahan tinggi yang mengandung bahan pengawet, karbohidrat, lemak jenuh dan kadar garam atau sodium yang tinggi. 

Dimana kandungan tersebut dapat menyebabkan kegemukan dan penyakit serius lainnya. Jadi, sebaiknya kamu tidak makan mie instan setiap hari.

Lantas, apa saja efek bahaya akibat makan mie instan berlebihan? Berikut adalah beberapa efek bahaya makan mie instan yang perlu kamu ketahui.

1. Tekanan Darah Tinggi

Salah satu bahaya terlalu sering mengonsumsi mie instan adalah dapat meningkatkan tekanan darah karena kandungan natriumnya yang tinggi.

Menurut Nutrient Journal, satu porsi mie instan dapat memenuhi hingga 80% asupan garam harian ini belum termasuk asupan garam dari makanan lain. Konsumsi garam yang melebihi batas asupan harian dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung, masalah ginjal, penyakit mata, dan demensia.

2. Diabetes

Salah satu bahan dalam mie instan adalah maida, yaitu olahan tepung terigu yang sudah melewati proses penggilingan, penghalusan, dan pemutihan. Perlu diketahui, maida tidak mengandung nutrisi apa pun, selain hanya kaya akan rasa.

Maida juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan gula darah. Saat bahan olahan ini dikonsumsi, organ pankreas melepaskan hormon insulin untuk membantu pencernaannya, sebuah proses yang memakan waktu lama dan bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Gangguan Ginjal

Kandungan garam yang tinggi pada mie instan juga mempengaruhi fungsi ginjal, terutama jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah banyak. 

Fungsi ginjal yang terganggu menyebabkan natrium dan cairan menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan pembengkakan pada kaki. Penumpukan cairan ini juga bisa terjadi pada organ lain, seperti jantung dan paru-paru.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network