10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Tiap Hari, dari Diabetes hingga Gangguan Ginjal

Afaani Fajrianti
Dibalik kegemarannya makan mie instan, ternyata ada beberapa bahaya mie instan yang harus diperhatikan. Foto: Istimewa

7. Obesitas

Kegemukan atau obesitas juga menjadi salah satu bahaya dari terlalu sering mengonsumsi mie instan. Ini karena sebungkus mie instan mengandung sekitar 14 gram lemak jenuh. Angka ini sudah termasuk 40% dari kebutuhan lemak harian.

Selain itu, mie instan juga mengandung banyak kalori. Meski mengenyangkan, mie instan tidak memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Oleh karena itu, jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan berkembangnya penyakit kronis.

8. Gangguin Hati

Kandungan pengawet di dalam mie instan dinilai dapat memicu gangguan pada hati. Selain itu, tingginya kandungan garam juga berisiko menyebabkan kerusakan hati.

9. Malnutrisi

Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gizi buruk, terutama pada anak-anak. Memasak mie instan untuk anak merupakan hal yang menarik karena dianggap mudah dan pasti disukai oleh anak-anak.

Malnutrisi pada anak dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar mikronutrien dan makronutrien dalam tubuh. Padahal, semua nutrisi tersebut dibutuhkan sebagai sumber energi, pembentukan massa otot, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh, dan perkembangan otak.

10. Sakit Kepala Kronis

Makan mie instan dalam porsi besar bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan garam serta MSG yang terkandung dalam mie instan.

Konsumsi MSG yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala ringan hingga berat. Jadi, pastikan kamu mengontrol konsumsi mie instan agar tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa bahaya makan mie instan yang penting untuk diketahui. Meski rasanya sangat nikmat, namun tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena makanan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. .

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network