Logo Network
Network

Sanuji Tegaskan Kejujuran Sebagai Modal Menjalani Hidup

Mohamad Hidayat
.
Kamis, 28 Juli 2022 | 09:02 WIB
Sanuji Tegaskan Kejujuran Sebagai Modal Menjalani Hidup
Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta saat memberi sambutan di acaara Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten, Rabu (27/7/2022) (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Sebanyak 179 wisudawan dan wisudawati menghadiri acara Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten (STIA Banten) wisuda XIV di Royale Krakatau Hotel Convention Hall, Rabu (27/7/2022).

Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta yang hadir pada acara tersebut memberikan pengarahan dan nasihat kepada para wisudawan dan wisudawati tersebut.

“Saat ini, Kota Cilegon memiliki bonus demografi sebesar 68% dan segera menuju 70%, di mana jumlah penduduk usia produktif dua kali lipat dari usia non produktif dan akan mendekati puncaknya di tahun 2030-2035 mendatang, dan ini merupakan periode emas”, jelas Sanuji dalam sambutannya.

"Sesungguhnya, ini semua peluang kemakmuran suatu kota, karena yang bekerja jauh lebih banyak dari yang tidak bekerja, yang menghasilkan pendapatan lebih banyak dari yang ditanggung, sehingga masyarakat dapat saving," sambungnya lagi.

Sanuji menjelaskan bonus demografi ini memicu produktivitas. "Bonus demografi memicu produktivitas lebih besar lagi dan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi serta meningkatnya pendapatan (saving) untuk kemajuan yang berdampak pada kesejahteraan hingga berpuluh-puluh tahun kemudian," ungkapnya.

Keuntungan bonus demogratif ini, kata Sanuji, akan diperoleh dengan syarat adanya kualitas penduduk untuk daya saing, tersedianya lapangan pekerjaan dan dapat diakses oleh warga Cilegon, kesehatan yang meningkat serta meningkatnya tabungan keluarga.

"Pendidikan yang baik meliputi pendidikan karakter yaitu kejujuran, cinta ilmu, pertemanan yang baik, membantu orang lain, dan disiplin, oleh karena itu adik-adik yang di wisuda hari ini harus mampu memanfaatkan peluang itu dengan baik," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sanuji menegaskan poin kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. “Kejujuran itu merupakan kunci dari semua hal, kalo kamu ga jujur, kamu bakalan langsung dicoret,” tegasnya.

Sanuji mengatakan nanti suatu saat kalian bakal dites sama atasan kalian pakai uang, nanti kalian disuruh belanja sesuatu dan dikasih uang, terus kalian mikir tidak bakal ditanyain soal kembaliannya, padahal itu ngetes.

Kalau kalian ga menjabarkan uangnya keluar untuk apa apa saja, kalian dianggap tidak jujur dan bakalan susah untuk dapat kepercayaan lagi, hal yang paling mahal adalah kepercayaan, untuk itu ia berpesan agar para wisudawan dan wisudawati bila mendapatkan kepercayaan dari orang jangan disia-siakan," tutup Sanuji.

 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.