Logo Network
Network

Melalui Program Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Desa Wisata Tepus

Tim iNews
.
Senin, 05 September 2022 | 14:13 WIB
Melalui Program Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Desa Wisata Tepus
Selama berbelanja, Menparekraf Sandiaga Uno dan rombongan dihibur dengan kesenian unggulan Desa Tepus. (Foto: Istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNewsCilegon.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendapat sambutan meriah saat mengunjungi Desa Wisata Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam rangkaian program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Tampak pula sambutan hangat dari Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan jajaran pemerintahan setempat.

Rombongan Mas Menteri-sapaan akrab Menparekraf Sandiaga Uno- juga disambut penari Subomanggolo. Kemudian mendengarkan pemaparan terkait 7 kategori penilaian ADWI oleh pengelola desa.

Setelah itu, Mas Menteri menyambangi Pasar Tiban Desa Wisata Tepus yang menyajikan produk-produk unggulan desa (kuliner, fesyen, kriya). Selama berbelanja, Mas Menteri dan rombongan juga dihibur dengan kesenian unggulan Desa Tepus.

Mas Menteri mengatakan, tahun 2021, Desa Nglanggeran di Gunungkidul terpilih sebagai desa wisata terbaik dunia atau Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah PBB (UNWTO).

"Tahun ini kita merasakan sensasi di pantai, ada juga susur pantai kolaborasi dengan komunitas jeep. Desa Wisata Tepus diharapkan bisa naik kelas menjadi desa wisata dunia, menyusul Nglanggeran dan berdaya saing berkelanjutan," jelasnya.

Sandi menjelaskan, desa wisata yang tergabung di jaring desa wisata terbaik Indonesia berhasil menstimulasi ekonomi daerah, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.Tahun lalu, peningkatan kunjungan ke desa wisata mencapai 30 persen.

Bicara potensi wisata, Desa Tepus yang berbatasan langsung dengan Pantai Selatan dengan topografi pegunungan tersebut, cukup beragam.

Untuk menuju desa ini, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam menggunakan roda empat dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Desa Wisata Tepus memiliki beberapa potensi wisata alam, terutama pantai. Di Kelurahan Tepus sendiri, ada 12 pantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, 6 di antaranya dikenal dengan sebutan Pantai Perawan karena masih sepi dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pantai yang masuk dalam Desa Wisata Tepus diantaranya: Pantai Sundak Timur, Pantai Somandeng, Pantai Pulangsawal (Indrayanti), Pantai Trenggole, Pantai Watulawang, Pantai Poktunggal, Pantai Dawut, Pantai Watunene, Pantai Seruni, Pantai Sengkan, Pantai Beling, dan Pantai Cluwakan. Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan hanya dikenakan biaya retribusi Rp 10 ribu.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.