get app
inews
Aa Read Next : Mandi Malam Ternyata Penyebab Rematik, Inilah 4 Aktivitas Berbahaya Menyebabkan Rematik

5 Dasar Hidup Sehat untuk Orang Dengan Auto Imun

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 09:24 WIB
header img
Prof. Dr.dr. Zakiudin Munasir SpA(K), Dewan Pakar Medis Marisza Cardoba Foundation (MCF). Foto: Ist

Dalam webinar bertajuk “Peran Vitamin D pada COVID-19 bagi Orang Dengan Auto Imun (ODAI)”, yang digelar oleh Marisza Cardoba Foundation (MCF), Dewan Pakar Medis MCF, Prof. Dr.dr. Zakiudin Munasir SpA(K), mengatakan, "Banyak data yang melaporkan bahwa infeksi COVID-19 yang fatal maupun kondisi autoimunitas terjadi pada orang-orang dengan kadar vitamin D yang rendah. Bisa dimengerti karena vitamin D berperan pada respon imun dan pengaturan sistem imun untuk mengatasi reaksi inflamasi yang hebat.”

Prof. Zaki juga menjelaskan bahwa vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang berfungsi sebagai hormon yang mengatur metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang. Vitamin D juga berperan dalam pengaturan sistem imun.

Sumber Vitamin D berasal dari sinar UV matahari yang mengubah prekursor provitamin D di kulit menjadi vitamin D. Sekitar 20% berasal dari makanan seperti susu, ikan, dan lainnya.

“Dosis vitamin D bergantung kadar vitamin D pada pasien, tidak bisa dirata-ratakan. Kalau sumbernya cukup setiap harinya, mungkin tidak perlu mengonsumsi suplemen. Tetapi kebanyakan kita kurang sinar matahari walau sinar matahari berlimpah. Dari makanan hanya menyumbang 20%,” jelas Prof. Zaki.

“Usahakan kadar vitamin D cukup terutama dari sinar matahari, sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Kalau pagi sekitar 15 menit, kalau siang 5 menit cukup. Jangan lupa juga terapkan pola makan yang memenuhi gizi seimbang, cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral,” ujar Prof Zaki.

Marisza Cardoba menghimbau masyarakat untuk Lima Dasar Hidup Sehat, atau pola hidup sehat menyeluruh, dan memastikan asupan Vitamin D yang memadai, sebab telah terbukti berhasil meningkatkan kualitas hidup para ODAI hingga dapat kembali beraktivitas normal.

5 Dasar Hidup Sehat untuk ODAI adalah:

1. Gaya Hidup Sehat (pilih makanan sehat periksa kesehatan berkala, menjaga kebersihan);

2. Aktif Mandiri (olahraga 30 menit setiap hari, menanam bahan pangan sendiri);

3. Pengendalian stres (ibadah, komunikasi positif, manajemen waktu);

4. Terus belajar (bergabung dengan komunitas pembelajar, ketahui hak dan kewajiban pasien, ketahui informasi obat (polifarmasi), mengelola keuangan dengan baik;  

5. Hidup Positif (menyeimbangkan otak, bekerja cerdas, tersenyum setiap saat).

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut