Logo Network
Network

Dapat Gadis Cantik Jika Selalu Bersyukur, Ini Kisah Surya Manurung TikTokers

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:53 WIB
Dapat Gadis Cantik Jika Selalu Bersyukur,  Ini Kisah Surya Manurung TikTokers
Treacers Collins, Sindrom langka yang diidap Tiktokers Surya Manurung (Foto: Istimewa).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Syarif Ali Surya Manurung (28) atau yang lebih dikenal Surya Manurung TikTokers asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) menjadi viral usai video yang diunggahnya tengah menari bersama keluarganya yang mayoritas menderita sindrom treacers collins.

Meski menderita penyakit langka, Surya Manurung tak berkecil hati, ia justru merasa beruntung karena selain viral kini dirinya pun semakin berbahagia karena telah menikah dengans seorang gadis cantik bernama Sasa (19). Lalu apa Sindrom Treacer Collins yang diidap Surya? Yuk simak penjelasannya.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Sindrom Treacher Collins adalah gangguan kesehatan langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Pengidapnya akan mengalami kelainan pada bagian kepala hingga wajah, mulai dari bentuk telinga, kelopak mata, tulang pipi, hingga tulang rahang. 

Sayangnya belum ada pengobatan yang bisa mengatasi kondisi ini, tetapi tindakan bedah atau operasi bisa menurunkan risiko komplikasi yang mungkin terjadi. Untuk itu, kenali lebih dalam mengenai sindrom ini agar kamu dapat melakukan perawatan hingga pencegahan yang tepat guna menurunkan risikonya. 

Sangat langka

Kurang dari 15 ribu kasus per tahun (Indonesia). Perawatan dapat membantu, namun penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Gejala berupa mata miring ke bawah, rahang dan dagu yang sangat kecil, gangguan pendengaran, dan gangguan penglihatan. Sebagian bayi mungkin dilahirkan dengan lubang di langit-langit mulut (cleft palate).

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini