get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

Luar Biasa! Begini Cara Duo Kembar Meraup Untung dari Puntung Rokok

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:41 WIB
header img
Duo Kembar asal India Naman Gupta dan Vipul Gupta raup untung dari puntung rokok (Foto: Istmewa).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Jika bagi sebagian orang puntung rokok merupakan hal yang tak berharga, lain hal nya dengan Duo kembar bersaudara asal India, Naman Gupta (27) dan Vipul Gupta (29). 

Duo kembar ini telah menemukan keberuntungannya pada puntung rokok yang berserakan di jalanan dan tempat umum. Berdasarkan data statis, sekitar 4,5 triliun putung rokok bersebaran setiap tahunnya di bumi dan terdapat sekitar 120 juta perokok di India. 

Lalu bagaimana cara mereka meraup keuntungan dari puntung hingga milyaran? 

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, sampah putung rokok tidak hanya mengotori jalanan sekitar, tapi juga menjadi penyebab peningkatkan polusi, karena membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk terurai. 

Gupta bersaudara ini sudah mengembangkan teknologi daur ulang sampah puntung rokok menjadi bahan berguna, yang kemudian digunakan untuk membuat berbagai produk seperti pengusir nyamuk, kasur, boneka, gantungan kunci hingga bantal. Wow!

Bisnis ini berawal ketika ia menunggu kelulusan di Delhi University, Naman menyadari banyaknya pelajar yang merokok dan melempar puntung rokoknya di kampus atau di kedai teh. 

Ketika dia mengetahui bahwa puntung rokok membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, dirinya dan kakaknya Vipul yang bukan perokok, memutuskan untuk memanfaatkan sampah puntung rokok tersebut dan mulai melakukan penelitian daur ulang, yang akhirnya menuntun mereka membangun perusahaan daur ulang.

“Kami menemukan bahwa tidak ada tempat sampah untuk membuang puntung rokok dan para perokok membuang pumtung rokok di mana-mana. Kami mengidentifikasi masalahnya dan kami menemukan solusinya,” ungkap Naman. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut