Logo Network
Network

Wali Kota Cilegon Imbau Lahan Kosong Dimanfaatkan untuk Bertani

Mohamad Hidayat
.
Rabu, 16 November 2022 | 12:22 WIB
Wali Kota Cilegon Imbau Lahan Kosong Dimanfaatkan untuk Bertani
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengimbau masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong untuk bertani, Selasa (15/11/2022). (Foto: dok Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam rangka Menjaga Ketahanan Pangan dan Pengendalian Inflasi di Kota Cilegon, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar acara Urban Farming Tanam Cabai Bersama. Kegiata ini diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangang (GNPIP) bertempat di KWT Kemuning PCI Blok E RW 07 Nirwana 21, Selasa (15/11/2022).

Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) ini merupakan kelanjutan dari serangkaian pelaksanaan GNPIP di wilayah Provinsi Banten. Sebelumnya, telah diawali Pencanangan GNPIP di Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, Kecamatan Walantaka Kota Serang, dan Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang.

Gerakan ini menjadi salah satu upaya guna menunjukan kesiapan stok pangan secara umum di Provinsi Banten, khususnya di Kota Cilegon menjelang akhir tahun. Urban Farming menjadi salah satu upaya untuk menguatkan sisi produksi pertanian guna menjaga kestabilan inflasi pangan.

Saat ini, Pemerintah Kota Cilegon telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota No 520/2266/KP/DKPP tentang Gerakan Tanam Cabai serta Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang diresmikan 31 Oktober 2022. Surat Edaran itu sebagai wujud nyata dan komitmen Pemkot Cilegon dalam melaksanakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan yang tengah digencarkan oleh pemerintah.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengimbau kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada di Kota Cilegon ini digunakan secara maksimal, salah satunya yaitu dengan melakukan gerakan tanam cabai dan kebutuhan pangan lainnya. 

Lebih lanjut, Helldy mengatakan Kota Cilegon telah mengalami deflasi sebesar 0,26 persen.

"Pada bulan Oktober kemarin, Kota Cilegon telah mengalami deflasi sebesar 0,26 persen, di mana deflasi ini menjadi yang terbaik sepulau Jawa. Oleh karenanya, kolaborasi antara BI dan DKPP Cilegon ini sangat penting dan sebagai inspirasi untuk merubah lahan kosong menjadi lahan produktif," ucapnya.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini