get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Mal Pelayanan Publik Kota Cilegon Siap Launching Pertengahan Desember

Selasa, 06 Desember 2022 | 09:28 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (5/12/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

JAKARTA, iNewsCilegon.id -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Peresmian MPP ini merupakan wujud akselerasi pemerintah dalam menyediakan satu tempat pelayanan yang terintegrasi. Penandatangan prasasti tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dengan hadirnya MPP, masyakarat dapat dengan mudah mengurus berbagai layanan barang, jasa dan administrasi baik dari sektor perizinan maupun non-perizinan.

Selain itu, kehadiran MPP ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan kemudahan berusaha yang dapat meningkatkan daya saing investasi di setiap daerah.

"Apresiasi saya sampaikan kepada kepala daerah yang telah berbenah melaksanakan program penyederhanaan birokrasi, transformasi birokrasi ini selanjutnya perlu diikuti dengan penerapan mekanisme kerja baru yang dimana hal itu menuntut menjadikan birokrasi yang comfortable, kolaboratif, lincah dan flexibel," kata Ma'ruf Amin.

Wapres menambahkan saatnya kita tinggalkan pola kerja lama yang hirarkis, linier dan monoton yang telah mengakar pada birokrasi kita, jika tidak segera berubah maka kita akan tertinggal, karena persaingan antar negara semakin ketat.

"Saat ini terdapat 77 MPP di Indonesia, ditambah dengan 26 yang hari ini kita resmikan dengan total keseluruhan terdapat 103 MPP di Indonesia, keberadaan MPP ini tidak hanya menandakan keberhasilan pemenuhan target 2022 tapi juga menjadi bentuk kongkrit hasil kolaborasi antar sektor menuju integrasi penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat," ucapnya.

Kedepannya, lanjut Ma'ruf, mall pelayanan publik di Indonesia terus berkembang dan berkualitas. "Oleh karena itu saya himbau agar Kemenpan RB dapat segera rumuskan dan laksanakan terobosan MPP yang lebih dinamis dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi dan informasi melalui platfoan digital," katanya.

Senada dengan yang disampaikan Wapres, Wali Kota Cilegon Helldy Agustan mengatakan hadirnya MPP di Kota Cilegon akan memberikan pelayanan yang cepat dan terpadu.

"Hari ini ada 26 MPP Kabupaten Kota yang sudah secara resmi diresmikan salah satunya yaitu milik Kota Cilegon, di tahun 2024 targetnya itu seluruh Indonesia memiliki MPP hal itu sebagai salah satu langkah agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan terpadu dan cepat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy mengungkapakan jika Pemkot Cilegon akan melaunching MPP secara internal pada pertengahan Desember 2022.

"MPP ini kan sudah diresmikan oleh menpan, nanti kita akan adakan launching secara internal di tanggal 15 sampai dengan 20 Desember 2022, dan untuk lokasinya akan menetap di lantai 1 Gedung Graha Edhi," terangnya.

Di kesempatan itu, Helldy ingin tidak adalagi pelayanan lambat di Kota Cilegon. "Pemerintah Kota Cilegon ingin pelayanan dapat dilakukan dengan cepat, yang lambat - lambat itu banyak dikurangin, Pak Menpan juga berpesan bahwa konsep saat ini yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat tidak ada lagi pelayanan yang lambat," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut