get app
inews
Aa Read Next : Wawalkot Sanuji Ajak Warganya Jadikan HUT RI Sebagai Momentum Pemersatu Pembangunan

Pemkot Cilegon dan TPID Bahas Kesiapsiagaan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Rabu, 14 Desember 2022 | 09:15 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meminta TPID bersama seluruh komponen melakukan berbagai langkah sinergis, responsif, dan tepat sasaran dalam menyingkapi potensi inflasi di Kota Cilegon di Aston Hotel, Selasa (13/12/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta membuka kegiatan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cilegon dalam rangka mendukung "Kesiapsiagaan Pangan Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023" di Aston Hotel, Selasa (13/12/2022).

Mengawali sambutannya, Helldy mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten Bapak Imanudin Sahabat dan para narasumber yang memberikan sejumlah arahan dan informasi penting dalam pengendalian inflasi di Kota Cilegon.

"Dapat saya sampaikan data inflasi bulan November di Kota Cilegon sebesar 5,92% yang mengalami penurunan sebesar 0,42% dibandingkan bulan Oktober sebesar 6,34%," kata Helldy.

Namun, lanjut Helldy, angka ini tetap perlu diwaspadai, mengingat dalam waktu dekat akan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023 sejumlah kebutuhan pokok diperkirakan mengalami kenaikan harga.

"Menyikapi hal tersebut, saya meminta TPID bersama seluruh komponen yang berada di Kota Cilegon harus melakukan berbagai langkah sinergis, responsif, dan tepat sasaran dalam menyingkapi potensi inflasi di Kota Cilegon," ujarnya.

Helldy berharap kepada TPID dan instansi terkait dapat memberikan informasi dan melakukan upaya pemantauan secara berkala terkait kondisi perkembangan harga komoditas bahan pokok.

"Dan terus melakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok dan melakukan upaya stabilisasi melalui operasi pasar," pinta Helldy.

Menutup sambutannya, Helldy mengingatkan lagi mengenai sinergitas dengan pusat. "Sebelum saya tutup saya ingatkan sekali lagi kepada TPID untuk bersinergitas antara pusat dan daerah yang diharapkan inflasi dapat teratasi jika kita bersinergi bersama," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Udung Sukandar mengatakan tujuan diadakannya HLM TPID adalah persiapan pengendalian inflasi yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perekonomian.

"Sehingga diperlukan langkah-langkah strategis sebagaimana arahan presiden dan evaluasi mingguan pusat dan daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri menjelang Natal dan Tahun Baru," ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten Imanuddin Sahabat, Kepala Biro Perekonomian Banten Chalik Lubis, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Kota Cilegon Adji Subekti yang bertugas sebagai narasumber.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut