get app
inews
Aa Read Next : Bebani Orang Tua Murid, Dikpora Pandeglang Larang Pelaksanaan Wisuda

Komedian Multitalenta Rina Nose Akui Pernah Mengalami Pelecehan Seksual saat Ospek Kampus

Minggu, 25 Desember 2022 | 15:00 WIB
header img
Komedian perempuan multitalenta Rina Nose. Foto: Tim iNews

Berbicara masalah kekerasan terhadap perempuan, Rina mengaku bahwa ia pun pernah mengalami pengalaman pahit tersebut. Kejadiannya saat ia menjalani ospek di kampusnya.

"Waktu itu saya sedang ikut ospek mahasiswa baru di gunung. Saat saya sedang tidur, tiba-tiba ada orang masuk dan langsung meluk-meluk saya. Dulu pola pikir saya belum seperti sekarang. Saya nggak berani ngomong, hanya lapor ke senior. Lalu dibikin forum diskusi. Tapi saat di sidang itu, beberapa senior malah menjelaskan, tujuan laki-laki tersebut yaitu secara biologi dan psikologi katanya memang harus melakukan itu agar tubuh hangat. Jadi saya percaya saja karena kurang pengetahuan," cerita Rina.

"Dan saat saya sharing pengalaman pahit tersebut, ternyata banyak sekali perempuan yang juga pernah mengalami kekerasan atau pelecehan, tapi tak tahu harus berbuat apa," tambah Rina.

Nova Eliza, Pendiri Yayasan Suara Hati Perempuan, turut mengapresiasi langkah Rina untuk speak up karena ia percaya, melalui perwakilan tiap suara perempuan, akan menyelamatkan ribuan hingga jutaan calon korban dari tindak kekerasan.

Para 16 perempuan lain yang turut dalam gelaran Seni dan Tutur Perempuan: 16 Perempuan, 16 Suara, 16 Kekuatan, sebut saja; Melly Goeslaw, Donna Agnesia, Hana Madness, Ayushita, Ussy Sulistiawaty, Melanie Subono, Ruth Marini, Leony VH, Amy Fitria S, Jihan Husein, Nia Dinata, Revina VT, Mian Tiara, Nia Gautama, Ningrum Syaukat, dan Rita Tila, yang merupakan pelaku seni budaya, mulai dari penulis, perupa, pendongeng, aktor, penari, pemusik, pelukis, sutradara, dan lain sebagainya.

Perhelatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian lima (5) kegiatan roadshow Yayasan Suara Hati Perempuan yang didukung Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia; Bluebird Group; Komnas Perempuan; fotografer Nurulita; dan sutradara Riani Singgih-Seven10.

Nova menambahkan, melalui diskusi panel dengan tema “Menciptakan Ruang Aman bagi Perempuan di Ruang Publik”, ia berharap dapat mendorong peningkatan kesadaran dan suara perempuan dalam seni dan budaya dan pengaruhnya terhadap kesetaraan dan hak asasi manusia; serta peningkatan peluang kebebasan berpendapat dan berekspresi melalui akses yang lebih besar terhadap sarana ekspresi budaya dan seni; sekaligus menciptakan ruang aman bagi perempuan.

Chief Marketing Officer PT Bluebird Tbk., Mediko Azwar menjelaskan, acara ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen Bluebird dalam berkontribusi terhadap perbaikan kualitas kehidupan, sebagaimana terangkum dalam pilar BlueLife yang merupakan bagian dari Visi Keberlanjutan Perseroan.

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut