get app
inews
Aa Read Next : Bikin Geleng Kepala, Hindari Tilang 2 Pemuda Kocak ini Pura-Pura jadi Petani

Suka Judi dan Minum, Mantan Preman ini Sukses Menjadi Petani

Kamis, 29 Desember 2022 | 19:53 WIB
header img
Bagas Suratman merupakan salah satu petani muda yang sukses. Namun siapa sangka, dahulunya dia pernah menjalani kehidupan yang kelam. Foto: YouTube PT Pupuk Kujang

CILEGON, iNewsCilegon.idBagas Suratman merupakan salah satu petani muda yang sukses. Namun siapa sangka, dahulunya dia pernah menjalani kehidupan yang kelam.

Pemuda 41 tahun yang berasal dari Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten ini sebelum menjadi petani sayur dan buah, sempat menjalani sejumlah profesi, mulai dari buruh pabrik, sopir metromini, pedagang buah hingga porter di bandara.

Bahkan saat menjadi pedagang buah dengan penghasilan cukup besar lantaran bisa menjual 2-3 mobil berisi buah, dia sempat menjalani kehidupan malam yang membuat hidupnya berantakan.

"Dulu pernah jadi orang enggak bener, orang enggak jelas, hura-hura. Kalau malam itu begadang, minum, bahkan sampai judi," kata dia, dikutip dari Youtube TV Tani Indonesia, Kamis (29/12/2022).

Namun karena hidupnya tidak berkah, da akhirnya banting setir menjadi porter di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dia juga berjualan sayur untuk menghidupi keluarganya, saat itulah idenya muncul untuk menjadi petani sayur.

Bagas memulai bertani pada 2004. Dia menyewa tanah seluas 3.000 meter persegi. Modal bertaninya pun didapat dari pinjaman orang tua.

"Modal dipinjemin orang tua, waktu itu Rp3 juta," ujarnya.

Dia kemudian bertani sayuran untuk disuplai ke pasar. Dari lahan yang disewanya tersebut berkembang, sehingga keuntungan yang didapat bisa untuk memperluas lahan dan membuka lapangan kerja.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut