get app
inews
Aa Read Next : Inilah 3 Pantangan Minuman yang Tidak Boleh Diminum oleh Penderita Rematik

Sering Terbangun Jam 3 Pagi? Ternyata ini Penyebabnya

Selasa, 03 Januari 2023 | 07:42 WIB
header img
Terbangun jam 3 pagi. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Mendadak terbangun dari tidur saat dini hari bukanlah hal yang menyenangkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada pukul 2 atau 3 pagi. 

Di Indonesia, kebiasaan sering terbangun jam 3 pagi, kerap dikaitkan dengan kejadian mistis. Ada yang bilang, bangun tidur mendadak saat dini hari menandakan kamu sedang diperhatikan oleh makhluk halus. Padahal, kondisi ini bisa dijelaskan secara medis.

Kenapa kamu bisa terbangun jam 3 pagi? Berikut penjelasannya.

Dilansir iNewsCilegon.id dari laman IFL Science, Selasa (3/1/2023), Peneliti psikologi Gregg Muray menjelaskan, saat tidur malam normal, sistem neurobiologi tubuh mencapai titik balik sekitar jam 3 atau 4 pagi.

Direktur Centre for Mental Health, Swinburne University of Technology ini menuturkan, pada kisaran waktu tersebut, suhu inti tubuh mulai meningkat, dorongan tidur berkurang karena sudah cukup tidur, sekresi hormon tidur melatonin memuncak, dan kadar hormon stres kortisol meningkat untuk menyiapkan tubuh bangun tidur.

Semua aktivitas ini terjadi saat tubuh mendeteksi kode di lingkungan tidur, seperti kemunculan cahaya dini hari. Kemampuan ini terjadi karena ada ritme sirkadian, yaitu jam internal tubuh yang dipengaruhi cahaya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut