get app
inews
Aa Read Next : Lingkari Tanggal Merah! Ini Contekan untuk Maksimalkan Ide Liburan Sepanjang Tahun 2024

Berawal Hobi Travelling Anti-Mainstream, Nathania Astria Bangun Bisnis Travel dari Nol

Jum'at, 24 Maret 2023 | 16:30 WIB
header img
‘Backpacker Korea’ didirikan bermula dari hobi travelling anti-mainstream Nathania Astria. Foto: Ist

Diluar dugaan, respons permintaan trip anti-mainstream cukup bagus sehingga muncullah ide-ide untuk merambah menjadi peluang bisnis trip anti-mainstream dan mulai mendirikan 'Backpacker Korea'.

'Backpacker Korea' memiliki visi ‘Membantu para traveller merasakan pengalaman yang Next Level’. Sebab, berbeda dengan trip pada umumnya, trip yang disusun menyasar destinasi yang bukan sejuta umat. Kulinernya pun benar-benar kuliner hidden gems khas Korea yang tidak banyak turis tahu.

Setelah 6 tahun, ‘Backpacker Korea’ semakin membesar dan semakin banyak customer loyal. Sayang, di tahun 2020, bisnis Nia mengalami tantangan yang cukup besar akibat pandemi.

Nia tidak mau menyerah dengan keadaan. Agar tetap bertahan, ia mengubah strategi bisnis selama masa pandemi. Ia mengubah cara pemasaran dan mencari peluang bisnis lain selama pandemi.

Berbekal pengalaman mengkurasi kuliner hidden gems Korea, Nia memutuskan menjual makanan dan masakan Korea demi membayar gaji pegawai dan biaya operasional lainnya selama masa pandemi.

“Dua tahun lebih mengalami masa sulit, pertengahan tahun 2022 muncul kabar baik dimana Korea sudah mulai membuka border. Permintaan trip Korea kembali membludak, banyak customer lama dan baru memercayakan perjalanan travel Korea kepada 'Backpacker Korea', baik Group Private maupun Group Series (Open Trip),” ucap Nia.

“Kepercayaan customer adalah hal penting. Dalam menjalani bisnis ini, sebisa mungkin saya berusaha untuk tidak mengecewakan customer dan selalu maksimal dalam melayani customer. Bagi saya, customer sangat penting karena memiliki pengaruh dari mulut ke mulut. Tak jarang saya justru mendapatkan customer baru berdasarkan rekomendasi customer-customer sebelumnya. Customer adalah marketing saya, jadi penting sekali untuk menjaga kepercayaan mereka," pungkas Nia.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut