get app
inews
Aa Read Next : Tak Boleh Berlebihan, Inilah 7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung

7 Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Punggung

Rabu, 24 Mei 2023 | 09:57 WIB
header img
Cara menghilangkan jerawat di punggung. Foto: sheerluxe

CILEGON, iNewsCilegon.id - Selain di wajah, permasalahan jerawat yang sering dikeluhkan kaum Hawa juga kerap muncul di bagian lainnya, seperti punggung. Jenis jerawat ini termasuk kista lunak besar yang berkembang di punggung. Sama seperti wajah kita, kulit di punggung kita juga memiliki kelenjar sebaceous. Jerawat punggung dianggap sebagai bentuk jerawat yang cukup parah.

Jerawat muncul ketika folikel rambut, atau tempat tumbuhnya rambut, tersumbat minyak dan sel kulit mati. Kondisi tersebut kemudian mengundang bakteri datang untuk tinggal dan berkembang biak. Akibatnya, pori membengkak, meradang, dan timbullah jerawat.

7 Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Punggung

Meski sama-sama disebabkan penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati, pori-pori di punggung lebih besar daripada di wajah. Hal itu yang membuat pori di punggung lebih mudah tersumbat dan jerawat punggung lebih besar daripada jerawat wajah.

Lantas, bagaimana cara yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di punggung? Yuk, simak dibawah ini ya! 

1. Selalu Menjaga Kebersihan Diri

Cara menghilangkan jerawat punggung yang pertama adalah dengan selalu mandi setelah melakukan olahraga. Jangan biarkan keringat dan kotoran menempel lama di kulit, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit punggung kita.

Gunakan sabun atau produk pembersih yang mengandung bezoyl peroxide. Formulanya akan bekerja efektif sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung.

2. Lakukan eksfoliasi

Selain mandi dua kali sehari, Anda juga perlu langkah tambahan untuk memastikan sel kulit mati di punggung tidak menumpuk dan benar-benar sudah terangkat. Caranya dengan melakukan eksfoliasi, yaitu teknik mengangkat sel kulit mati dengan scrub atau bahan kimia khusus.

Bila punggung belum berjerawat, Anda bisa melakukan scrub punggung dua kali dalam seminggu. Bila di punggung sudah timbul jerawat, lakukan eksfoliasi secara lembut. Namun, bila kondisi jerawat di punggung sudah terlalu parah, Anda justru perlu menghindari eksfoliasi agar tidak memperparah jerawat punggung.

3. Pakai Pakaian Berbahan Nyaman dan Bersih

Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Ini agar keringat tidak menyumbat folikel rambut sehingga memicu jerawat punggung. Tidak hanya itu, Anda juga harus segera mengganti pakaian yang basah oleh keringat.

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat di kulit. Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo putih dan jerawat. 

Selain itu, pilih deterjen pencuci baju yang aman bagi kulit sensitif. Terkadang, deterjen yang terlalu kuat juga bisa memicu timbulnya jerawat punggung, dan membuat jerawat punggung yang sudah ada menjadi meradang. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut