get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

5 Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil, Nomor 4 Bisa Pacu Perkembangan Otak Janin

Jum'at, 02 Juni 2023 | 08:25 WIB
header img
Kuaci merupakan makanan yang berasal dari biji bunga matahari. Foto: Ilustrasi Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tak hanya makanan pokok, camilan sehat juga merupakan bagian penting dalam pola makan ibu hamil. Menariknya, salah satu pilihan yang bisa bumil konsumsi adalah kuaci.

Ibu hamil suka makan kuaci? Kalau iya, ada kabar baik untuk ibu hamil. Selain enak dijadikan camilan, ternyata manfaat kuaci untuk ibu hamil ada cukup banyak lho, mulai dari meningkatkan imunitas sampai mengontrol kenaikan berat badan. 

Kuaci merupakan makanan yang berasal dari biji bunga matahari. Walau ukurannya kecil, tetapi makanan ini menyimpan segudang gizi, antara lain protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, folat, kolin, serta vitamin A, B6, C, dan D.

Bila makan kuaci saat hamil, pastikan kuaci tidak terlalu asin. Konsumsi garam yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan kehamilan. Bumil bisa makan kuaci langsung atau mencampurnya ke dalam salad.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, mengonsumsi kuaci saat hamil bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan, yaitu:

1. Memenuhi kebutuhan folat

Tahukah Bumil bahwa di dalam 100 gram kuaci terkandung 227 mcg folat? Folat adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Kekurangan asam folat bisa meningkatkan risiko terjadinya cacat tabung lahir, seperti spina bifida.

Kementerian Kesehatan Rapublik Indonesia merekomendasikan ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi sekitar 600 mcg folat setiap harinya.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan folat ini, Bumil bisa memasukkan kuaci di dalam menu makanan atau camilan sehat.

2. Mencegah Berbagai Masalah Kehamilan

Kuaci adalah sumber yang baik untuk vitamin E yang sangat penting untuk mencegah berbagai masalah kehamilan. 

Semakin bertambahnya usia kehamilan, kesehatan plasenta bisa semakin berkurang dan menyebabkan berbagai masalah, misalnya preeklamsia atau pertumbuhan janin yang terganggu. 

Sebagai antioksidan, vitamin E berperan menjaga kesehatan plasenta dan fungsi plasenta yang baik hingga tiba waktunya persalinan, sehingga mencegah komplikasi karena tidak sehatnya plasenta. 

Vitamin E bersama magnesium yang juga terkandung di dalam kuaci juga mencegah pecahnya ketuban secara prematur dan kontraksi rahim yang prematur. Hal ini turut berperan mencegah keguguran atau kelahiran prematur. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut