Logo Network
Network

9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Mulai Menurunkan Berat Badan hingga Meningkatkan Kekuatan Otak

Afaani Fajrianti
.
Senin, 05 Juni 2023 | 06:51 WIB
9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Mulai Menurunkan Berat Badan hingga Meningkatkan Kekuatan Otak
Daun mint adalah nama dari spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Daun mint sudah populer di seluruh dunia, baik kamu konsumsi untuk tambahan rasa atau mendapatkan manfaatnya.

Mint adalah nama dari spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint. Mereka semua tergabung dalam genus Mentha. Tumbuhan ini terkenal karena sensasi dingin setelah kamu menelannya. Selain itu, daun mint ini juga dinilai memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan

Bahkan sejak zaman kuno, banyak orang telah menggunakan berbagai jenis mint di seluruh dunia. Berbagai jenis tanaman mint memang menawarkan banyak sifat anti-oksidan dan manfaat kesehatan.

9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Daun mint dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien, serta mengandung vitamin A, vitamin C, dan B kompleks, fosfor, kalsium, dan memiliki sifat anti bakteri. Daun ini juga menjadi salah satu sumber yang kaya zat besi, kalium, dan mangan yang meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan fungsi otak. 

Bagi tubuh, daun mint bisa menjadi tanaman herbal yang membantu meningkatkan kesehatan kamu. Dilansir dari pharmeasy.in, berikut adalah manfaat daun mint yang berguna untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun mint dapat berperan dalam menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Bekerja dengan meningkatkan fungsi kerja pencernaan dan metabolisme tubuh untuk menjaga bobot tubuh ideal. Teh mint adalah minuman bebas kalori yang menyegarkan dan akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

2. Obati Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint yang kedua adalah untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun mint dikenal sebagai makanan pembuka yang luar biasa. Ini akan membantu meningkatkan sistem pencernaan dengan merangsang enzim pencernaan. 

Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk meredakan gangguan pencernaan, infeksi perut, dan lain sebagainya. Minyak ini bertindak sebagai obat anti-spasmodik karena kandungan metanol di dalamnya.

3. Mengatasi Keluhan Pernapasan

Manfaat daun mint yang ketiga adalah untuk mengatasi keluhan pernapasan. Daun mint sangat dianjurkan untuk orang yang menderita asma, karena berfungsi sebagai relaksan yang baik dan meredakan hidung tersumbat. 

Konsumsi daun mint setiap hari dapat memberikan efek menenangkan bagi penderita asma. Mint juga dikenal dapat membersihkan hidung tersumbat, karena kandungan mentolnya dapat membuat pernapasan lebih mudah. Ini juga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini