get app
inews
Aa Read Next : Mandi Malam Ternyata Penyebab Rematik, Inilah 4 Aktivitas Berbahaya Menyebabkan Rematik

9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Mulai Menurunkan Berat Badan hingga Meningkatkan Kekuatan Otak

Senin, 05 Juni 2023 | 06:51 WIB
header img
Daun mint adalah nama dari spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Foto: Istimewa

4. Meringankan Irritable Bowel Syndrome

Selain mengobati gangguan pencernaan, daun ini juga untuk meringankan kondisi Irritable Bowel Syndrome, lho. Irritable Bowel Syndrome adalah gangguan umum pada sistem pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, kembung, dan gangguan pencernaan. 

Perawatan utama dan penting untuk sindrom ini adalah dengan melakukan perubahan pola makan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak mint juga dapat membantu meringankannya. Ini karena minyak mint mengandung senyawa yang disebut mentol yang memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

5. Perawatan Mulut

Manfaat daun mint yang kelima yaitu sebagai perawatan mulut. Anda bisa mencoba mengunyah daun mint untuk menghilangkan bau yang menyengat. 

Daun mint dapat membantu menyegarkan napas Anda secara instan karena kandungan bahan pembasmi kuman. Ekstrak daun mint dapat membantu membersihkan penumpukan plak pada gigi. 

Mentol yang mengandung pasta gigi, obat kumur, atau permen karet dapat menghentikan pertumbuhan bakteri mulut dan menjaga kebersihan rongga mulut Anda.

6. Perawatan Kulit

Tak hanya untuk perawatan mulut, daun mint juga ada manfaatnya pada perawatan kulit, lho. Mint adalah obat kuno untuk mengobati masalah terkait kulit seperti jerawat dan bekas luka. 

Sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang kuat dari daun mint efektif dalam mengobati jerawat dan menurunkan peradangan dan kemerahan yang terkait dengan ledakan jerawat. 

Daun mint mengandung asam salisilat tinggi dan vitamin A yang mengontrol sekresi minyak sebum di kulit dan membantu menyembuhkan jerawat. Ekstrak daun mint juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. 

Kekayaan mentol dan antioksidan alami dalam daun mint digunakan sebagai pembersih, toner, astringen dan pelembap yang luar biasa untuk kulit. Manfaat lain, daun mint akan memberi warna pada kulit, melembutkan kulit kering dan gatal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut