get app
inews
Aa Read Next : Miris, Orang Tua Jual Bayi Demi iPhone 14

5 Manfaat Melatih Anak Berfikir Kritis sejak Dini

Rabu, 14 Juni 2023 | 13:50 WIB
header img
Berpikir kritis memang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Berpikir kritis memang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menjadi panutan langsung bagi anak-anak dalam kegiatan sehari-hari.

Sudah menjadi tugas orang tua untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan hal-hal positif untuk membentuk karakter anaknya, termasuk berpikir kritis.

Apa sebenarnya berpikir kritis itu? Ini adalah kemampuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi semua informasi yang diterima untuk mencari kesatuan dan keasliannya.

Jadi mengapa penting untuk mengajar anak-anak sejak usia dini?

Karena berpikir kritis membantu anak membentuk pemikiran dan opini. Selain itu, cara berpikir seperti ini membantu anak untuk mengenali apakah seseorang itu baik atau tidak.

Pola pikir kritis dapat membantu mengurangi risiko kesalahan informasi. Selain itu, anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan. Beberapa manfaat mengajarkan pemikiran kritis kepada anak Anda yaitu:

1. Membantu Anak Melihat Dunia dengan Cara yang Lebih Masuk Akal

Berpikir kritis juga membantu anak melihat dunia dengan lebih rasional. Hal ini karena mereka dilatih untuk mengolah dan memahami semua informasi yang mereka terima agar dapat memberikan opini yang tepat. Lebih penting lagi, pola berpikir kritis membuat anak mengevaluasi baik dan buruk dalam hidup juga.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut