get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Trending di Twitter, Warganet Sebut WhatsApp Mata-matai Pengguna, Benarkah?

Jum'at, 23 Juni 2023 | 12:00 WIB
header img
Trending twitter, warganet sebut WhatsApp mata-matai pengguna. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - WhatsApp disebut mata-matai penggunanya. Isu sempat membuat heboh warganet di jagat maya. Hal ini bermula saat seorang engineer Twitter Foad Dabiri, membagikan tangkapan layar aplikasi WhatsApp miliknya.

Tak hanya Foad Dabiri, sejumlah pengguna WhatsApp lainnya pun mengeluhkan masalah keamanan privasi pada aplikasi pesan singkat tersebut. Mereka mengaku mendapat notifikasi mencurigakan berulang-ulang kali.

Tweet itu kemudian disambut ramai oleh warganet yang juga merasakan hal serupa. Alhasil, berkembang kabar bahwa aplikasi WhatsApp tak aman dan memata-matai pengguna secara diam-diam.

Notifikasi itu mendeteksi penggunaan kamera dan micropohone HP pada aplikasi lain. Sebagai catatan, isu ini menerpa aplikasi WhatsApp yang berjalan pada iOS Android 12.

Pengguna was-was sekaligus merasa terganggu. Pasalnya, notifikasi itu muncul di kala mereka tak menggunakan kamera dan microphone HP.

Menyikapi hal tersebut, Google pun angkat bicara dan menjelaskan bahwa notifikasi yang kerap muncul itu gara-gara bug di aplikasi WhatsApp. Bug ini hanya tersemat pada sebagian kecil pengguna.

"Bug memproduksi notifikasi soal privasi di Android Privacy Dashboard," tulis keterangan dalam kicauan Google via Android Developer, dikutip iNewsCilegon.id. Jum'at (23/6/2023).

Dalam paparannya, Google juga menegaskan, bahwa WhatsApp adalah aplikasi aman dan tak memata-matai pengguna.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut