get app
inews
Aa Read Next : Heboh Air Kran Warga Tercemar Bensin, Lokasi Dekat POM Bensin

Yuk Cari Tahu Penyebab Motor Matic Susah Hidup, Biar Tak Bikin Repot

Jum'at, 23 Juni 2023 | 13:53 WIB
header img
Motor matic sering kali susah dihidupkan. Mengenali penyebabnya membuat kamu bisa mengatasi masalah dengan cepat. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Motor matic lebih kaya akan teknologi ketimbang generasi motor sebelumnya, hal ini menjadikan motor matic lebih mudah digunakan. Namun di sisi lain, jika terjadi kendala pada sistem teknologi ini maka akan menyebabkan motor matic susah dihidupkan.

Sebagai pemilik sepeda motor matic, kamu perlu mengetahui penyebab motor matic tidak bisa distarter dan diengkol, salah satunya jangan sembarangan isi bensin atau bahan bakar minyak (BBM).

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut sejumlah kendala penyebab motor matic susah dinyalakan yang wajib kamu ketahui.

1. Bahan bakar berkualitas buruk

Sebagai pemilik motor, kamu harus memastikan bahwa bahan bakar yang kamu gunakan berkualitas baik dengan cara mengisi langsung di SPBU.

Karena penyebab motor matic tidak dapat diengkol salah satunya adalah kualitas bahan bakar yang buruk. 

Mengisi bensin eceran dapat meningkatkan risiko bahan bakar tersebut telah terkontaminasi kotoran maupun air. Jika hal ini terjadi, tentu saja akan menyebabkan masalah pada mesin kendaraan kamu.

2. Bensin tidak turun

Pada motor dengan sistem suplai bahan bakar yang menggunakan karburator, umum terjadi masalah selang bahan bakar yang kemasukan udara sehingga mengganggu suplai bahan bakar dari tangki ke karburator. 

Jika sudah begini tentu saja karburator tidak dapat menyuplai bahan bakar ke ruang mesin. Untuk mengatasinya, kamu dapat melepas selang bahan bakar yang menghubungkan input karburator, umumnya selang ini diikat dengan klem kawat. 

Jika sudah, tunggu hingga bahan bakar keluar dari selang untuk membuang sisa udara yang terjebak. Jika sudah, pasang kembali selang tersebut dan coba nyalakan motor kamu.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut