get app
inews
Aa Read Next : Siap-siap Kekeringan Bakal Melanda Sebagian Wilayah Banten

BMKG Sebut Banten Mulai Diguyur Hujan secara Merata pada November 2023

Senin, 11 September 2023 | 10:09 WIB
header img
BMKG sebut hujan guyur Banten pada November mendatang. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Secara umum, Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan awal musim hujan akan terjadi di Banten, pada November mendatang. 

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada bulan November 2023m Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah saat ini beberapa zona musim," demikian dikatakan Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG, dalam sebuah acara daring. Dikutip iNewsCilegon.id yang ditayangkan melalui kanal YouTube, Senin  (11/9/2023).

Namun, kata Dwikorita, saat ini ada sejumlah wilayah di Indonesia yang sudah memasuki musim hujan. Diantaranya, sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatra Utara, sebagian Riau, Sumatra Barat bagian tengah, dan sebagian Kepulauan Riau.

"Kemudian, sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian selatan juga diperkirakan akan menyusul dengan awal musim hujan pada September," jelasnya.

Berikut prakiraan awal musim hujan menurut BMKG:

Oktober: Jambi, Sumatra Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, sebagian besar Kalimantan Timur

November: Sumatra Selatan, Lampung. sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan

Desember: Jawa Timur bagian utara. sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut