get app
inews
Aa Read Next : Nelayan di Pandeglang Diterkam Buaya Air Asin saat Hendak Mencari Ikan, Kepala dan Bahu Robek

Setda Pandeglang Sebut 84,7 Persen Koperasi di Pandeglang Aktif

Kamis, 16 November 2023 | 13:33 WIB
header img
Setda Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta ungkap 84,7 persen Koperasi di Pandeglang aktif. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sekretaris daerah (Setda) Pandeglang ungkap 84,7 persen koperasi di Pandeglang aktif. Hal itu disebut Ali Fahmi Sumanta dalam Peringatan hari koperasi ke 76.

Ali Fahmi mnyatakan Hari Koperasi tahun ini menjadi momentum evaluasi, terkait kualitas gerakan koperasi.

"Pembinaan yang lebih intensif terhadap gerakan koperasi  perlu ditingkatkan sehingga koperasi bisa mensejahterakan anggota dan memberi manfaat untuk masyarakat sekitarnya," kata Setda Pandeglang, Fahmi Ali Sumanta, Rabu (15/11/2023).

Ali Fahmi menuturkan, dari 675 koperasi yang ada di Pandeglang, baik koperasi nasional, provinsi maupun kabupaten, saat ini koperasi aktif mencapai 572 koperasi atau 84,7%.

Koperasi - koperasi tersebut, lanjut Fahmi, telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi. 

"Salah satu contoh yang harus menjadi inspirasi bagi kita semua, adalah koperasi syariah bmi, yang merupakan koperasi nasional, sampai saat ini sudah memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni sebanyak 45 unit rumah bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang,” terangnya.

Menurut Fahmi, Pemerintah juga menyadari masih banyak koperasi yang belum berhasil, memiliki permasalahan intern, kesulitan permodalan dan persoalan organisasional lainnya. Dan sejauh ini, masih banyak pula anggapan negatif, pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

“Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi, untuk mewujudkan amanat dalam uud 1945 pasal 33, yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi,” tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut