get app
inews
Aa Read Next : Tokkk! MK Kabulkan Gugatan Masa Jabatan Kepala Daerah, Bupati Pandeglang Lanjut Menjabat hingga 2025

Viral Camatnya di Alih Tugaskan oleh Bupati Pandeglang, Warga Sumur Kompak buat Petisi Penolakan

Rabu, 06 Maret 2024 | 14:00 WIB
header img
Warga dan Ulama di Kecamatan Sumur tengah membacakan isi petisi yang telah ditanda tangani sebagai bentuk penolakan (Foto: Layar Tangkap)

SUMUR PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sebanyak 17 Pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Pandeglang pada Jumat (1/2/2024) diambil sumpahnya dan dilantik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta.

Dari nama-nama tersebut, salah satunya adalah Camat Kecamatan Sumur Januar Habibie, yang di alih tugaskan oleh Bupati Pandeglang menjadi Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pandeglang. Adanya pemindah tugasan ini ditolak oleh Warga dan para ulama di Kecamatan Sumur yang dituangkan dalam sebuah petisi penolakan.

Pembacaan petisi penolakan ini dilakukan di salah satu masjid yang berada di Kecamatan Sumur. Pada Selasa (5/2/2024).

Isi dari petisi penolakan yang dibuat oleh sejumlah ulama dan warga Kecamatan Sumur ini diantaranya penolakan pemindah tugasan atau rotasi mutasi untuk Camat Sumur Januar Habibie

Dalam video singkat yang beredar di media sosial, disebutkan jika warga Sumur dan para ulama menolak keputusan Bupati Pandeglang karena terlalu singkatnya pemberian tugas Januar Habibibie di Kecamatan Sumur.

Diketahui, Januar Habibie sebelumnya dilantik menjadi Camat Sumur menggantikan Wawan Setiawan pada Januari 2023.

Terkait hal ini, salah satu ulama Kecamatan Sumur mengatakan, bahwa petisi yang di tanda tangan oleh masyarakat dan juga para ulama di Kecamatan Sumur merupakan bentuk spontanitas dari rasa kehilangan sosok pemimpin yang baik dan perhatian kepada warga.

"Itu hanya sebatas bentuk refleks dari masyarakat dan juga para ulama disini atas kehilangan sosok pemimpin yang baik, karena kami menerima informasi terkait pemindah tugasan beliau ketika kami tengah menghadiri pengajian di Masjid, kami kaget...jadi itu hanya spontanitas saja," jelas Salah satu ulama yang enggan disebutkan namanya. Rabu (6/2/2024).

Lanjutnya, pada akhirnya masyarakat dan para ulama hanya bisa menerima apapun keputusan Bupati Pandeglang, semoga siapapun penggantinya nanti diharapkan akan sama baiknya seperti Camat sebelumnya.

"Ya pada intinya kini kami menerima apapun keputusan Bupati Pandeglang sebagai pemimpin, kami hanya bisa berharap pengganti Pak Camat Januar Habibie akan sama baiknya seperti beliau bahkan lebih baik, dan petisi itu hanya rekleks dari masyarakat saja karena merasa kehilangan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, pelantikan belasan pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Pemkab Pandeglang menuai beragam reaksi dari masyarakat, pasalnya selain jadwal pelantikan yang dilaksanakan usai Pemilu juga berkembang rumor pelantikan tersebut berkaitan dengan hasil Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024.

Menyikapi hal ini, Sekda Pandeglang Tegaskan Pelantikan Belasan Pejabat Eselon II dan III tak ada Kaitannya dengan Pemilu 2024

"Karena banyak Jabatan yang kosong dan Kami ingin ditahun ini semua Jabatan terisi sehingga nanti ditahun depan sudah terisi semua, bahkan Kami akan mencicil setiap bulan untuk mengisi Jabatan Struktural, jadi tidak ada kaitan dengan Pemilu karena Rotasi dan Mutasi itu hal biasa bagi Pegawai atau Pejabat," jelas Ali Fahmi Sumanta, kepada tim cilegon.inews.id. Sabtu (2/2/2023).

Sementara ketika ditanya perihal jadwal pelantikan yang dilakukan usai Pemilu, Ali Fahmi menuturkan, bahwa pada bulan Maret banyak pejabat yang memasuki usia pensiun.

"Kami laksanakan pada awal bulan Maret dilaksanakannya, karena banyak Pejabat yang memasuki Purna Bakti terutama sekali di Eselon II sehingga Kami sudah akan memulai Tahapan Open Biding (Lelang Jabatan) bagi Eselon IIb dan itu waktunya lumayan panjang karena kita Open Biding kan semuanya, jadi saya tegaskan sekali lagi bahwa pelantikan ini tidak ada kaitannya dengan Pemilu," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut