Jangan Disepelekan, 7 Tanda-Tanda Usus yang Kotor Mulai dari Penurunan Berat Badan hingga Bau Mulut

Afaani Fajrianti
Usus yang kotor bisa berdampak buruk bagi kesehatan akibat penumpukan sisa-sisa makanan di dalam tubuh. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Sistem pencernaan manusia terbilang cukup kompleks, sehingga berbagai gangguan pencernaan dapat timbul tidak hanya dari satu organ saja. 

Salah satunya organ usus yang terdiri dari usus besar, usus halus, dan usus dua belas jari. Usus adalah bagian tubuh yang bertanggung jawab pada proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan

Usus yang sehat dan terjaga akan membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik. Sebaliknya, usus yang kotor bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Usus dapat menjadi kotor akibat penumpukan sisa-sisa makanan di dalam tubuh. Namun, Anda tak perlu khawatir karena usus yang kotor dapat dibersihkan dengan cara alami yang mudah dilakukan.

Lantas, apa saja tanda-tanda usus yang kotor? Simak dibawah ini ya.

1. Perubahan Berat Badan

Tanda usus kotor lainnya adalah perubahan berat badan. Terdapat perbedaan dalam mikrobioma usus pada orang yang terlalu kurus atau gemuk. Selain itu, melakukan diet dengan gaya Barat yang tinggi lemak dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan bakteri usus yang terkait dengan obesitas.

2. Sembelit

Gangguan pencernaan bisa ditandai dengan perut yang sakit atau susah buang air besar. Usus yang normal akan lebih mudah mencerna makanan dan menghilangkan kotoran. Beberapa kondisi perut lain seperti kembung dan diare bisa menjadi tanda usus sedang tidak baik-baik saja.

3. Merasa Nyeri di Berbagai Bagian Tubuh

Selain nyeri perut, nyeri usus juga dapat berupa sakit kepala, nyeri punggung, dan nyeri menjalar dari punggung hingga tumit. Biasanya nyeri ini disebabkan oleh infeksi jamur akibat sistem pencernaan termasuk usus yang kotor.

Editor : Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network