Inilah 4 Efek bagi Ibu Hamil yang Mengonsumsi Kopi

Afaani Fajrianti
Ibu hamil boleh minum kopi saat menyusui asalkan tidak berlebihan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Kopi merupakan minuman yang digemari semua kalangan. Bahkan bagi sebagian orang yang sudah sehari tidak minum kopi, merasa ada yang kurang.

Bagi ibu pecinta kopi boleh turut merasakan nikmatnya kopi. Pasalnya, ibu boleh minum kopi saat menyusui. Padahal, minum kopi cukup aman untuk ibu dan bayi asalkan tidak berlebihan. Tak hanya kopi, hal ini juga berlaku untuk makanan dan minuman berkafein lainnya, seperti teh, cokelat batangan, maupun olahan yang mengandung bahan makanan tersebut.

Kopi mengandung kafein yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena memiliki risiko masuk ke plasenta dan memengaruhi perkembangan janin. Namun, minum kopi selama kehamilan, kemungkinan kafein memengaruhi bayi yang disusui jauh lebih rendah. Selain itu, ibu hamil yang meminum kopi saat hamil akan menimbulkan efek bagi ibu hamil. Lantas, apa saja efeknya? Simak dibawah ini ya.

Efek Minum Kopi Bagi Ibu Menyusui

1. Gelisah

Minuman kopu memang paling nikmat, tapi kopi memiliki kandungan yang dapat membuat orang yang meminumnya gelisah dan selalu khawatir. Rasa gelisah ini nantinya akan dialami oleh bayi. Pada awalnya, bayi mungkin tidak terlihat gelisah, namun jika berlangsung terlalu lama, ia akan merasa gelisah dan gelisah. Jika demikian, ibu menyusui sebaiknya tidak minum kopi terlebih dahulu. Karena jika dibiarkan, bayi akan semakin merasa tidak nyaman.

2. Diare

Terlalu banyak minum kopi akan mengakibatkan perut kembung. Perut kembung seringtkali menjadi penyebab seseorang terkena diare. Mungkin tidak hanya terjadi pada ibu menyusui saja, bisa terjadi pada siapa saja. Namun, bagi ibu yang sedang menyusui, terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan bayi terkena infeksi yang akan membuat perut bayi kembung juga. Hal yang paling berbahaya saat perut bayi kembung adalah diare. Jika hal ini sudah terjadi pada bayi, sebaiknya para ibu berhenti untuk mengonsumsi kopi agar bayi dapat minum ASI tanpa adanya campuran kafein.

3. Muntah

Tak semua orang cocok untuk mengonsumsi kopi. Beberapa diantaranya akan mengalami rasa yang tidak biasa, khususnya gangguan perut. Pada ibu menyusui, mengonsumsi kopi terkadang dapat mempengaruhi kesehatan bayinya. Salah satunya dapat menyebabkan bayi muntah. Memang, bayi belum mengenal zat-zat yang ada di dalam kopi. Apalagi untuk bayi yang belum genap berusia 6 bulan. Jika bayi Anda tidak dapat “tahan’ jumlah kafein yang Anda konsumsi, kebanyakan bayi akan muntah karena alergi. Jika iya, tentunya para ibu lebih memilih untuk mengurangi minum kopi bukan?

4. Daya Tahan Tubuh Terganggu

Bayi yang ibunya terlalu banyak mengonsumsi kopi akan lebih sering mengalami sakit. Hal ini karena bayi belum terbiasa dengan minuman asing yang diminum oleh ibunya, sehingga dampaknya akan membuat bayi lebih mudah sakit. Terkadang orang sering menyepelekan pengaruh cuaca, padahal kesehatan bayi lebih dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang ibu konsumsi, apalagi jika bayi masih disusui.

Ibu menyusui setidaknya harus bisa menyusui bayinya dengan baik, dalam arti harus makan dengan sehat agar ASI lancar dan bayinya juga sehat. Bagi para ibu yang suka minum kopi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Alangkah lebih baik jika seorang ibu yang sedang menyusui menunggu bayinya berumur lebih dari 6 bulan agar ASI yang diberikannnya lebih sehat dan tidak tercampur zat-zat asing untuk tumbuh kembang bayi.

Agar bayi dapat menyusu ASI tanpa ada zat-zat yang akan mengganggu perkembangan bayi, sebaiknya para ibu lebih memperbanyak minum air putih agar lebih aman. Terlalu banyak mengonsumsi kopi saat menyusui memang tidak baik dan akan berdampak buruk pada kesehatan bayi. Meski tidak dilarang minum kopi saat menyusui, namun ada baiknya ibu lebih memperhatikan kesehatan bayi agar perkembangan bayi menjadi lebih baik. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network