get app
inews
Aa
Read Next : Ganjar hingga Sandi ucap Selamat atas Keberhasilan Putri Ariani, Begini Kata Warganet

Melalui Pariwisata Berkualitas, Menparekraf Sandiaga Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Kamis, 04 Agustus 2022 | 16:31 WIB
header img
Tampak Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan jajarannya seperti Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendy dan Kepala Desa Belitar Seberang, Kasiyadi, ikut mendampingi. (Foto: Istimewa)

BENGKULU, iNewsCilegon.id - Kali ini Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 menyambangi Desa Wisata Belitar Seberang, Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendapat sambutan meriah dan hangat. Tampak Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan jajarannya seperti Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendy dan Kepala Desa Belitar Seberang, Kasiyadi, ikut mendampingi.

Desa Belitar Seberang, Rejang Lebong, Bengkulu, masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 setelah melalui uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni 1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), 2. Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), 3. Homestay, 4. Toilet umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), dan 7. Kelembagaan Desa. Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf.

Mas Menteri-sapaan akrab Sandiaga Uno- beserta rombongan setelah melalui serangkaian cek protokol kesehatan (Prokes), disambut penampilan tim tari Sekapur Sirih dan Petata Petiti. Kemudian mengikuti rangkaian kegiatan presentasi di Edu Tourism Rumah Nira. Edu-Tourism Rumah Nira merupakan daya tarik wisata edukasi pembelajaran tentang pembuatan gula merah.

Mas Menteri dan rombongan melihat pembuatan gula merah, mencicipi air nira segar, serta melihat kegiatan ekonomi kreatif di dalam area Rumah Nira. Setelah itu, Mas Menteri bersama Gubernur dan Bupati, menanam bibit pohon aren di area Edu Tourism Rumah Nira. Kemudian, mereka menuju Air Terjun Tri Sakti dengan menggunakan kendaraan khusus offroad.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut