Wow! Badak Cula Satu dari Banten Jadi Maskot Piala Dunia U20 Pilihan FiFA 

Ila Nurlaila Sari
.
Selasa, 20 September 2022 | 11:37 WIB
Badak Cula Satu dipilih FIFA sebagai Maskot piala dunia U20 (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNewsCilegon.id - PSSI dan Kementerian Pemuda Olah Raga meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023, bertempat di Bunderan Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022) berbarengan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Komite Eksekutif Endri Erawan dan Vivin Sungkono, Direktur Utama Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita, Direktur Operasional Liga Indonesia Baru Sudjarno.

Hadir pula utusan perwakilan dari FIFA, Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Maskot Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023 bernama Bacuya (Badak Cula Cahaya) yang terinsipirasi dari Badak Jawa Cula satu yang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dalam aplikasinya, hewan asli dari Indonesia ini jika bermain sepakbola bersama anak-anak akan gembira dan culanya akan menyala semakin terang.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini. Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih," kata Mochamad Iriawan dikutip iNewsCilegon.id dari laman PSSI. Selasa (20/9/2022).

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini