get app
inews
Aa Read Next : Apk PPS Pemilu 2024 Palsu Beredar di Jagat Maya, Masyarakat Diminta Waspada

Cara Mudah dan Murah Membedakan Cobek Batu Asli atau Palsu, Jangan Tertipu!

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:12 WIB
header img
Penampakan cobek asli dan palsu. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Cobek batu asli tidak perlu cara khusus untuk mencucinya. Karena pada dasarnya cobek batu tidak memiliki permukaan tekstur yang berpasir atau bergerindil.

Hal ini berbeda dengan cobek yang terbuat dari semen. Cobek yang luntur justru biasanya bukan terbuat dari batu asli, melainkan semen atau beton

Sekilas kedua cobek ini memang tampak serupa, namun sebenarnya sangat berbeda dari segi kualitas dan pemakaiannya. 

Terlepas dari bedanya, sebenarnya pun kamu bebas mau memilih atau membeli cobek jenis apa. Baik cobek yang terbuat dari batu asli ataupun semen.

Namun, buat kamu yang berniat memilih pakai cobek batu asli dan tidak mau terkecoh saat membeli, patut dicek perbedaannya. Jangan sampai terkecoh, teliti dari tekstur, warna, bau, hingga harganya.

Untuk mengetahui cobek batu asli atau palsu, yuk simak beberapa tips berikut ini yang dirangkum iNewsCilegon.id dari berbagai sumber.

1. Perhatikan warnanya

Kamu bisa melihat dari warnanya. Selayaknya warna batu pada umumnya, cobek batu asli berwarna abu-abu. 

Berbeda dengan cobek semen yang cenderung gelap dan hitam. Perlu diketahui pula bahwa warna tersebut justru berasal dari cat agar tampilannya mirip dengan cobek batu asli.

2. Cium aroma cobek

Kamu bisa mengendus aroma cobek yang akan dibeli untuk memastikan alat tersebut terbuat dari batu asli atau bukan. 

Umumnya, cobek batu asli tidak memiliki aroma menyengat. Sedangkan cobek palsu cenderung memiliki bau semen menyengat yang tertinggal.

3. Usap permukaan cobek

Cobek batu asli biasanya memiliki tekstur yang terasa kasar dan memiliki pori-pori besar. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengusap permukaan cobek untuk memastikan jika asli memiliki permukaan kasar. 

Bukan tanpa alasan, permukaan kasar ini merupakan tekstur alami dari batu alam. Nah, pastikan kamu menghindari cobek yang memiliki permukaan kasar karena bisa dipastikan cobek tersebut terbuat dari semen.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut