get app
inews
Aa Read Next : Baru Ngeh! Meniup Makananan Panas bisa Picu Penyakit Jantung, Benarkah?

Bahaya Ciki Ngebul Timbulkan Lambung Berlubang hingga Kematian

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:30 WIB
header img
Bahaya ciki ngebul, fatal akibatnya. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id -Bahaya ciki ngebul. Ice smoke atau es ciki ngebul menjadi jajanan yang beberapa waktu terakhir kembali digandrungi oleh anak-anak.

Tak hanya memiliki warna yang beragam, makanan ringan ini juga dibuat dengan menggunakan campuran nitrogen cair.

Saat dikonsumsi, es ciki ini tak hanya memberikan rasa dingin, tetapi juga sensasi mulut yang mengeluarkan asap.

Bahaya Ciki Ngebul

Menjadi lumrah seorang anak memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu yang baru dan lagi trend termasuk chiki ngebul atau ice smoke.

Chiki ngebul atau ice smoke tidak memiliki manfaat gizi, pengolahannya pun menggunakan bahan kimia yang dilarang oleh WHO.

Nitrogen cair sebagai bahan ngebul bisa membahayakan tenggorokkan, kerongkongan, saluran pernafasan, saluran pencernaan, bahkan dapat merusak organ-organ tubuh.

Berdasarkan Food & Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang mampu mempertahankan suhu sangat rendah dengan titik didih hingga -196 derajat Celsius.

Perlu diketahui, nitrogen cair mulanya digunakan untuk membekukan dan mengawetkan bahan makanan. Namun, seiring perkembangannya, bahan kimia ini juga digunakan untuk meningkatkan daya tarik makanan dan minuman ringan, termasuk chiki ngebul atau yang dikenal dengan ice smoke.

Nitrogen cair memunculkan efek asap yang terasa dingin pada makanan dan minuman. Meski unik, ada sejumlah bahaya nitrogen cair yang mengintai kesehatan. 

Dilansir iNewsCIlegon.id dari berbagai sumber, di bawah ini bahaya makan nitrogen cair yang terkandung dalam chiki ngenul yang perlu kamu waspadai.

1. Kematian

Bahaya makan nitrogen cair juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini mungkin terjadi ketika kamu menghirup nitrogen cair di ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik.

Konsentrasi oksigen dalam tubuhmu bisa menjadi sangat rendah sehingga menyebabkan pusing, sesak napas, tidak sadarkan diri, hingga kematian.

Perhatikan gejala yang muncul apabila kamu atau orang terdekat baru saja mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nitrogen cair. Bila mengalami sakit perut maupun mual dan muntah hebat, dr. Devia menyarankan agar segera mengunjungi rumah sakit terdekat.

2. Luka Bakar

Nitrogen cair biasanya digunakan dokter kulit untuk membakar hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit. Hal ini disampaikan oleh dr. Reed Caldwell, seorang asisten profesor di Ronald O. Perelman Department of Emergency Medicine di NYU Langone Health, AS.

“Karena itu, jaringan kulit yang terkena nitrogen cair dapat mengalami kerusakan,” katanya.

Menurut National Capital Poison Center, luka bakar, lepuh, dan cedera radang dingin (frostbite) yang parah bisa terjadi usai kulit terkena nitrogen cair.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut