get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

15 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah

Senin, 19 Juni 2023 | 04:47 WIB
header img
Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah yang terluas di Indonesia. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Indonesia adalah negara terluas dengan urutan ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km². Indonesia berbatasan dengan sejumlah negara Asia Tenggara dan Oseania, sehingga dikenal sebagai negara lintas benua, serta antara Samudra Pasifik dan Samudera Hindia.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia diketahui memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan total luas wilayahnya mencapai 5.193.250 kilometer persegi. Hal ini perlu patut dibanggakan, mengingat negara Indonesia dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia sebanyak 17.504 pulau.

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunai dengan penduduk mencapau 277.749.853 jiwa pada tahun 2022 silam. Dan, negara dengan penduduk beragam Islam terbanyak di dunia, dengan penganut lebih dari 238.875.159 jiwa atau sekitar 86,9%.

Lantas, kota mana saja yang masuk ke dalam kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayah? Yuk, simak berikut ini adalah daftar kota-kota terbesar di Indonesia

1. Palangkaraya

Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana kota ini memiliki luas wilayah mencapai 2.853 km² sehingga menjadikannya salah satu kota terbesar di Indonesia dari segi wilayahnya. Selain itu, kota ini berpenduduk sebanyak 266.020 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 93,24 jiwa/km².

2.Dumai

Dumai merupakan kota yang ada di Provinsi Riau. Kota adalah hasil dari pengembangan Kabupaten Bengkalis. Dumai memiliki luas wilayah 1.727 km². Kota ini memiliki infrastruktur yang sangat maju.

3. Kepulauan Tidore

 Kepulauan Tidore merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Maluku Utara. Kepulauan ini mempunyai luas wilayah hingga 1.220 km². Selain itu, Kepulauan Tidore juga memiliki 8 kecamatan dan 10 kelurahan.

4. Subulussalam

Subulussalam adalah kota dari hasil pengembangan Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Kota ini terletak di area perbatasan langsung dengan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Luas wilayah Subulussalam sebesar 1.391 km². Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 93.710 jiwa dengan kepadatan penduduk 68 jiwa/km persegi pada tahun 2021.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut