get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

15 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah

Senin, 19 Juni 2023 | 04:47 WIB
header img
Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah yang terluas di Indonesia. Foto: Istimewa

5. Sorong

Kota Sorong berada di Provinsi Papua Barat dan termasuk dalam salah satu kota terbesar di Indonesia. Luas wilayah Kota Sorong sekitar 1.105 km². Kota ini terbagi menjadi 1 kota dan 12 kabupaten. Sorong mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona. Selain itu, kota ini juga memiliki harga tanah yang relatif terjangkau.

6. Jayapura

Kota terbesar di Indonesia denga urutan kedua adalah Kota Jayapura. Kota Jayapura yang terletak di timur Indonesia merupakan pusat permukiman terpadat di Provinsi Papua. Dengan luas wilayah hanya 940 km². Jayapura terletak di perbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Papua Nugini. Kota ini terbagi menjadi 5 distrik, 25 kelurahan, serta 14 kampung.

7. Samarinda

Kota Samarinda adalah sebuah wilayah yang menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Luas wilayah Kota Samarinda adalah 718 km² yang terbagi menjadi sepuluh kecamatan. Selain itu, kota Samarinda yang dikenal dengan ikon Sungai Mahakam ini dikenal dengan semboyan Kota Tepian yaitu Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman.

8. Padang

Kota Padang berada di Provinsi Sumatera Barat. Luas wilayah Padang adalah sebesar 694 km². Dengan kata lain, Padang memiliki luas wilayah 1,65 persen dari Provinsi Sumatera Barat. Padang termasuk kota yang berkembang secara pesat dan menjadi area yang menguntungkan bagi bisnis properti.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut