get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

15 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah

Senin, 19 Juni 2023 | 04:47 WIB
header img
Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah yang terluas di Indonesia. Foto: Istimewa

9. Jakarta

Kota Jakarta yang ditetapkan sebagai ibu kota Indonesia ini juga masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia dari luas wilayahnya. Luas dari Kota Jakarta mencapai sekitar 661 km² Saat ini DKI Jakarta juga menjadi Ibu Kota negara Indonesia dan menjadi pusat dari kegiatan politik dan ekonomi di Tanah Air.

10. Pagar Alam

Pagar Alam berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini mempunyai luas wilayah sebesar 633 km². Selain itu, kota ini memiliki 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan. Pagar Alam mempunyai potensi wisata, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di kota Pagar Alam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun dan 26 situs menhir yang sudah tercatat.

11. Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Luas wilayah kota ini memiliki luas sekitar 633 km². Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi.

12. Singkawang

Singkawang atau Sakawokng dalam bahasa Dayak Salako atau San-Khew-Jong adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 504 km². Kota ini terletak di sekitar 145 km sebelah utara dari ibu kota provinsi, Kota Pontianak, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakkok.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut