get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

5 Efek Berbahaya Kelebihan Vitamin D, Gangguan hingga Ginjal

Selasa, 20 Juni 2023 | 07:42 WIB
header img
Bahaya kelebihan vitamin D. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Vitamin D diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Namun, terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak, dan berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Selain itu, vitamin D diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, melawan infeksi dan mengurangi peradangan yang dapat bahaya kelebihan pada vitamin D.

Kebutuhan vitamin D yang disarankan untuk orang dewasa adalah 15 mikrogram atau sekitar 600 IU. Jika hal ini tidak dipatuhi, maka terjadi kekurangan vitamin D yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti osteomalasia.

Vitamin D dibentuk di kulit dengan bantuan sinar matahari. Selain itu, asupan vitamin D bisa didapatkan dari makanan maupun suplemen. Makanan yang kaya vitamin D antara lain salmon, kuning telur, dan daging merah. Namun, makanan ini biasanya hanya dapat memenuhi sekitar 140 IU dari kebutuhan vitamin D harian.

Untuk menjaga kebutuhan vitamin D, disarankan untuk mendapatkan paparan sinar matahari di antara pukul 10 pagi hingga 3 sore, serta mengonsumsi suplemen vitamin D bila perlu. Namun, kelebihan vitamin D akibat konsumsi suplemen yang dosisnya kurang sesuai juga bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja efek berbahaya jika kelebihan vitamin D? Simak dibawah ini ya.

Efek Berbahaya Kelebihan Vitamin D

Kelebihan vitamin biasanya terjadi karena mengonsumsi suplemen dalam dosis tinggi. Berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tidak akan menyebabkan kelebihan vitamin D. Berikut adalah sejumlah dampak kesehatan yang bisa Anda rasakan akibat kelebihan asupan vitamin D, di antaranya:

1. Gangguan pada Tulang

Konsumsi vitamin D memang bermanfaat untuk kekuatan tulang. Namun, konsumsi vitamin D dalam dosis tinggi justru dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi dosis vitamin D yang dikonsumsi, semakin tinggi pula risiko mengalami patah tulang. Hal ini karena kelebihan vitamin D dapat mengganggu kerja vitamin K2 yang membantu menjaga kalsium dalam tulang, sehingga tulang kehilangan kepadatannya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut