get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Tips Cegah Ngantuk saat Mengemudi, Nomor 4 Hindari Makanan Berat

Rabu, 28 Juni 2023 | 07:05 WIB
header img
Ngantuk saat mengemudi adalah sesuatu yang sulit bagi pengendara. Untuk itu terapkan tips untuk mencegah ngantuk karena berbahaya. Foto : Jnylaw

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tips cegah ngantuk saat mengemudi. Kecelakaan di jalanan tentunya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang cukup sering yaitu pengemudi kelelahan dan mengantuk saat dijalan.

Kelelahan saat berkendara dapat menjadi faktor risiko yang serius dan mengancam keselamatan pengendara maupun pengguna jalan lainnya. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengendara untuk mengetahui dan menerapkan beberapa tips yang efektif untuk menghindari kelelahan saat berkendara. 

Tips Cegah Ngantuk saat Mengemudi

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kelelahan saat berkendara:

1. Istirahat Cukup : 

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan. Kurang tidur dapat mempengaruhi konsentrasi dan kemampuan reaksi Anda di jalan. 

Jika merasa mengantuk saat berkendara, segera berhenti dan istirahat sejenak. Lebih baik telat daripada mengambil resiko berkendara saat kelelahan.

2. Minum Cukup Air : 

Tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga stamina dan kewaspadaan Anda di jalan. Pastikan untuk minum air yang cukup sebelum dan selama perjalanan. 

Kafein dapat membantu anda mencegah rada kantuk. Selama ini, kafein dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesadaran pengendara ketika mengemudi.

3. Jadwalkan Istirahat secara Teratur : 

Jika Anda melakukan perjalanan jarak jauh, penting untuk menjadwalkan istirahat secara teratur. 

Berhenti setidaknya setiap 2 jam untuk istirahat sejenak, meregangkan otot, dan menghilangkan kelelahan. Gunakan waktu istirahat ini untuk mengisi ulang energi dan kembali fokus.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut