get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Sejarah Kota Cilegon, dari Kampung Kecil jadi Kota Industri yang Kaya

Minggu, 08 Oktober 2023 | 13:26 WIB
header img
Kota Cilegon kini menjadi kota industri terkemuka di Indonesia, dulunya adalah kampung kecil di era Kesultanan Banten. Foto: iNews Cilegon/Mada Mahfud

CILEGON, iNewsCilegon.id - Sejarah Cilegon tak bisa dilepaskan dari sejarah Kesultanan Banten. Pada masa itu, Cilegon merupakan sebuah kampung kecil yang terletak di tepi pantai Selat Sunda.

Nama Kampung ini dikenal dengan nama "Cilegon" yang berasal dari kata "Ci" yang berarti air dan "Legon" yang berarti lengkungan.  Nama ini diberikan karena kampung ini terletak di daerah yang banyak terdapat kubangan air atau rawa-rawa.

Pada masa keemasan Kesultanan Banten, Cilegon menjadi salah satu jalur perlintasan penting antara Pulau Jawa dan Sumatra. Hal ini dikarenakan Cilegon terletak di dekat Pelabuhan Merak yang merupakan salah satu pelabuhan penting di Banten.

Pada masa penjajahan Belanda, Cilegon menjadi salah satu daerah yang menjadi sasaran pembangunan oleh pemerintah kolonial. Hal ini dikarenakan Cilegon memiliki potensi sumber daya alam yang besar, seperti minyak bumi dan batu bara.

Pada tahun 1916, pemerintah kolonial Belanda mendirikan Pertamina di Cilegon. Pertamina merupakan perusahaan minyak bumi milik pemerintah Belanda yang menjadi cikal bakal PT Pertamina (Persero) saat ini.

Pada masa kemerdekaan, Cilegon menjadi salah satu kota industri yang penting di Indonesia. Hal ini dikarenakan Cilegon memiliki banyak industri berat dan menengah, seperti industri minyak bumi, industri baja, dan industri petrokimia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut