get app
inews
Aa Read Next : Gas LPG Langka dan Mahal, Hiswana Migas Banten Himbau Warga Beli Langsung ke Pangkalan

Menguak Misteri dan Asal Usul Gunung Aseupan Pandeglang yang Terkenal Angker

Sabtu, 23 Desember 2023 | 11:05 WIB
header img
Menguak misteri dan asal usul Gunung Aseupan yang terkenal angker (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Terletak tidak begitu jauh dari Kota Jakarta, namun pendakian menuju Gunung Aseupan akan terasa sunyi dan sepi karena tak ada penghuni disekitarnya. Mitos menyebutkan, bahwa Gunung Aseupan di Pandeglang, Banten, terkenal angker dengan jalur pendakian yang sangat rapat, menandakan bahwa jarang ada pendaki yang berani menaklukkannya.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Gunung Aseupan adalah gunung yang terletak di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sekitar 18 KM sebelah barat dari pusat Kota Pandeglang.

Durasi pendakian Gunung Aseupan pun bervariasi tergantung pada rute pendakian yang dipilih dan tingkat pengalaman pendaki. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Aseupan dari basecamp (Pos) hingga puncak bisa berkisar antara 4 hingga 8 jam.

Puncak gunung Aseupan berada pada ketinggian 1174 meter di atas permukaan laut. Beberapa faktor seperti cuaca, kondisi fisik pendaki, dan jalur pendakian yang dipilih dapat mempengaruhi durasi keseluruhan pendakian. 

Konon gunung ini diberi nama Aseupan karena bentuknya yang kerucut mirip dengan alat penanak nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Dalam bahasa Sunda, alat tersebut disebut Aseupan karena mirip dengan alat Aseupan sejak dahulu kala menamai gunung ini dengan nama Gunung Aseupan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut