get app
inews
Aa Read Next : Sempat Sentuh Rp 6.475, Saham Mandiri Cetak Rekor Tertinggi

Ekonom: Segmentasi dan Digitalisasi Bisnis Dukung Kinerja Himbara

Kamis, 24 Februari 2022 | 10:57 WIB
header img
Bank Mandiri mampu mencatat peningkatan pendapatan dan laba di tengah pandemi Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Upaya pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan transformasi bisnis utama (core business) sejumlah BUMN termasuk bank-bank Himpunan Milik Negara (Himbara), dinilai oleh sejumlah pengamat ekonomi mulai membuahkan hasil.

Hal tersebut bisa dilihat dari kinerja bank BUMN, seperti: Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, yang mampu mencatat peningkatan pendapatan dan laba di tengah pandemi Covid-19.

Telisa Falianty, Enonom dari Lembaga Riset Sigmaphi dan Universitas Indonesia (UI) berpendapat, pertumbuhan kinerja bank pelat merah, memang tak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah yang melakukan transformasi bisnis bank Himbara.

"Bank-bank BUMN memang diarahkan untuk melakukan spesialisasi pada segmen bisnis tertentu agar profitnya optimal," kata Telisa.

Tranformasi tersebut, kata dia, memperjelas model bisnis bank Himbara. Contohnya, Bank Mandiri didorong untuk lebih fokus pada pembiayaan korporasi dan wholesale.

Lalu, BRI lebih difokuskan menggarap segmen bisnis pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lantas, BNI fokus menyasar ke bisnis internasional dan BTN difokuskan pada pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR).

Tak hanya transformasi bisnis, bank Himbara juga didorong melakukan digitalisasi bisnis. Menurut Telisa, dalam kondisi pandemi, sektor perbankan masih bisa berjalan karena ditopang oleh digitalisasi.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut