get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil di Cilegon

Pulo Merak Kecil, Permata di Jari Manis Kota Cilegon: 5 Menit dari Merak Bisa Nikmati Pasir Putih

Minggu, 28 Agustus 2022 | 17:32 WIB
header img
Pulo Merak Kecil di Merak Cilegon banyak dikunjungi wisatawan dari Jabodetabek karena ongkos transportasinya terutama dengan kereta murah meriah. Foto: M Mahfud/iNewsCilegon.

Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar

Sebenarnya ada 2 pulau yang dimiliki Kota Cilegon yaitu Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar. Dari sisi administratif 2 pulau ini masuk Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon.

Dua pulau ini berdekatan dan bisa dilihat dengan mata telanjang dari Pelabuhan Merak. Pulo Merak Kecil berukuran 1 hektere. Sedangkan Palo Merak Besar berukuran sekitar 10 kali lipat dari Pulo Merak Kecil.

Untuk menjangkau 2 pulau milik Kota Cilegon ini tidak bisa melalui Pelabuhan Merak meski jaraknya begitu dekat. Ini karena Pelabuhan Merak yang dikelola Dishub, hanya diperuntukkan untuk kapal-kapal besar rute Merak-Bakauheni.

Maka untuk menuju 2 pulau ini harus melalui Pelabuhan Mabak yang letaknya sekitar 1 km dari Pelabuhan Merak. Pelabuhan Mabak ini adalah pelabuhan untuk kapal-kapal nelayan. Orang sekitar akan dengan senang hati menunjukkan arah menuju Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar.


Pemuda Kelurahan Mekarsari Pulomerak yang menjadi pengelola Pulo Merak Kecil. Foto: M Mahfud/iNewsCilegon.
 

Untuk jarak dekat seperti ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Pelabuhan Merak. Ataupun menumpang angkot.  Atau jika membawa kendaraan pribadi, ada lokasi parkir yang luas, letaknya disamping Hotel Pelangi.

Hanya perlu jalan kaki sejauh 50 meter menuju dermaga kapal kayu. Para pemilik kapal tidak bekerja sendiri. Mereka berada dalam satu komunitas sehingga pemasukan dikelola bersama. Cukup bayar di satu titik, semua beres.

Tarif kapal nelawan menuju Pulo Merak Kecil adalah Rp15 ribu untuk pergi pulang. Sedangkan menuju Pulo Merak Besar Rp 30 ribu bolak-balik. Murah bukan?

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut