get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil di Cilegon

Pulo Merak Kecil, Permata di Jari Manis Kota Cilegon: 5 Menit dari Merak Bisa Nikmati Pasir Putih

Minggu, 28 Agustus 2022 | 17:32 WIB
header img
Pulo Merak Kecil di Merak Cilegon banyak dikunjungi wisatawan dari Jabodetabek karena ongkos transportasinya terutama dengan kereta murah meriah. Foto: M Mahfud/iNewsCilegon.

Aksi Bocil Lokal Menangkap Koin Uang Sambil Menyelam

Jangan lupa jika datang ke sini sebaiknya membawa uang koin. Begitu  kita naik di perahu, bocah cilik lokal tanpa baju siap menunjukkan keahliannya menyelam di laut untuk menangkap koin yang dilempar pengunjung.

Karena memang habitat bocil-bocil ini di laut, mereka dengan lihai meloncat dari kapal nelayan. Bukan sekedar loncat, tetapi salto, berjumpalitan dan masuk ke permukaan air laut untuk mengejar koin yang dilempar penumpang kapal.


Bocah cilik lokal dengan aksi menyelam untuk mendapatkan uang koin yang dilempar pengunjung. Foto: M Mahfud/iNewsCilegon
 

Aksi yang menghibur untuk menyambut para pengunjung menuju Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar. Sebaiknya Anda juga merekam aksi bocil-bocil lewat kamera.

Pulo Merak Kecil lebih familier untuk wisata. Ini karena posisinya tak menganggu jalur pelayaran kapal-kapal besar. Sedangkan Pulau Merak Besar, belum dikembangkan mengingat terdapat lalu lintas kapal-kapal besar.

Air Jernih dan Pasir Putih di Pulo Merak Kecil

Karena Pulo Merak Kecil lebih direkomendasikan, iNews Cilegon memutuskan untuk menuju pulau ini. Dan benar saja, belum puas jepret-jepret foto, kapal nelayan sudah sampai di dermaga kayu Pulo Merak Kecil. Dermaganya sangat sederhana, berupa potongan potongan kayu sebagai tiang dan alas.

Tiba di ujung dermaga terdapat pos kecil. Sejumlah pemuda yang meminta kerelaan pengunjung untuk membayar Rp2.000 setiap orang sebagai uang pelestarian dan kebersihan.

“Uangnya kita pakai untuk mengangkut sampah yang ada di sini ke daratan,” kata Arif, pemuda asal Kelurahan Mekarsari.

Sejumlah pemuda Mekarsari kini menggantungkan hidupnya dari mengelola Pulo Merak Kecil. Mereka mengikuti ibu-ibu asal kelurahan yang sama yang terlebih dulu membangun warung minum dan makanan ringan bagi pengunjung.

Uniknya meski berada begitu dekat dengan Pelabuhan Merak, air di sekitar Pulo Merak Kecil cukup jernih. Tak heran wisatawan beramai-ramai berenang di laut, termasuk anak kecil sekalipun.


Pasir Putih dan air laut yang cukup jernih di Pulo Merak Kecil. Foto: M Mahfud/iNews Cilegon
 

“Anak kecil aman berenang di sini. Tak pernah ada kisah tenggelam,” kata Dikzi Ekaputranto, Ketua Pemuda Anak Laut, kelompok yang mengelola Pulo Merak Kecil.

Usai berenang, pengunjung bisa bermain-main di pasir putih. Kawasan pasir putih tak terlalu luas, sekitar seperenam dari permukaan pulau.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut