get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil di Cilegon

Pulo Merak Kecil, Permata di Jari Manis Kota Cilegon: 5 Menit dari Merak Bisa Nikmati Pasir Putih

Minggu, 28 Agustus 2022 | 17:32 WIB
header img
Pulo Merak Kecil di Merak Cilegon banyak dikunjungi wisatawan dari Jabodetabek karena ongkos transportasinya terutama dengan kereta murah meriah. Foto: M Mahfud/iNewsCilegon.

Lalu dari mana saja wisatawan Pulau Merak Kecil? Ternyata mayoritas pengunjungnya berasal dari Jabodetabek.

Ridwan, salah seorang pengunjung mengaku berasal dari Bogor. Ia beberapa kali mengunjungi Pulo Merak Kecil karena hanya butuh biaya kecil.


Ridwan, wisatawan asal Bogor yang menjadikan Pulo Merak Kecil sebagai favoritnya karena gampang diakses. Foto: M Mahfud/iNews Cilegon.
 

Menurutnya dari Bogor ke Rangkasbitung cuma butuh biaya Rp6.000 dengan naik commuter line. Setelah itu dilanjutkan dengan kereta lokal dari Rangkasbitung ke Cilegon dengan tarif Rp3.000.

“Jadi murah sekali hanya Rp 10 ribu ke Merak. Makanya ini tempat favorit kita,” kata Ridwan.

Sebagai orang dari daerah pegunungan, Ridwan mengaku menggemari pantai. “Kalau ke pantai lain tempatnya jauh dan mahal. Kalau ke Merak Kecil ini murah sekali, naik kapal bolak balik hanya Rp15 ribu,” imbuh Ridwan.

Belum Ada Air Bersih dan Adanya Aliran Sampah dari Muara Sungai

Dengan segala keunggulannya, Pulau Merak Kecil bisa menarik wisatawan lokal ke Cilegon. Sayangnya terdapat sejumlah kendala. Dikzi, pengelola Pulau Merak Kecil mengungkapkan kendala terbesar adalah belum adanya air bersih dan seringnya aliran sampah dari muara sungai.

Ketersediaan air bersih sudah dicoba dengan membuat sumur bor. Namun air yang diperoleh tetap asin. “Jadi ketika pengunjung ingin mandi air bersih setelah berenang di laut, mengalami kesulitan karena memang tidak ada air bersih,” kata Dikzi.

Ia berharap Pemerintah Kota Cilegon membantu penyediaan air bersih dengan mengalirkan air bersih dari daratan lewat pipa. Menurut Dikzi itu cara termudah karena jarak antara daratan dan Pulo Merak Kecil tak sampai 500 meter.

Masalah lain adalah sampah. Ketika musim banjir tiba, sampah dari muara sungai banyak yang mendarat di Pulo Merak kecil. Dikzy berharap pihak lain membantu mereka membuat jaring di muara sungai agar sampah-sampah tertahan dan tak mendarat di Pulo Merak Kecil.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut